15 Hari Berjalan, Progres Coklit DP4 Kobar Tembus 80 Persen

kpu kobar
Ketua KPU Kobar, Chaidir

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) Chaidir, mengapresiasi kinerja para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pasalnya, hingga hari ke 15 petugas Pantarlih bekerja capaian progres sudah mencapai 80 persen lebih.

Bacaan Lainnya

“Ini pencapaian yang luar biasa meskipun kami akui terdapat tantangan dan beberapa kendala di lapangan saat melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih. Tetapi semua itu bisa dilalui dan terbukti hingga hari ke 15 kemarin sudah tembus 80 persen lebih yang sudah di coklit,” ujarnya di wawancarai Rabu (10/7).

Dijelaskan Chaidir, kendala yang cukup menyulitkan dan menguras tenaga petugas Pantarlih adalah perihal alamat yang tidak sesuai dengan KTP. Petugas Pantarlih sering kali harus berulang kali kembali datang dan memastikan orangnya tetapi tetap tidak menemukan. Bahkan sudah berkoordinasi dengan ketua RT dan para tetangga.

Baca Juga :  KPU Kobar Rekrut 746 Pantarlih untuk Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

“Kebanyakan, yang ditemui kendalanya, mereka hanya numpang tinggal tetapi orangnya tidak disitu, ada yang tinggal dan domisili di perusahaan perkebunan,” ungkapnya.

Kendala lain lanjut Chaidir, masalah pecahan Kepala Keluarga (KK) hal itu dianggap tidak terlalu berarti dan bisa diatasi oleh Pantarlih. Termasuk juga ada ditemui yang tertukar Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetapi hal itu tidak banyak.

“Kita berharap di sisa waktu hingga tanggal 24 Juli 2024, data hasil coklit benar-benar clear sebagai dasar untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti,” tandasnya.

Sedangkan untuk tahapan pencalonan sesuai jadwal, akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024. Diawali dengan pengumuman pendaftaran calon pada tanggal 24-26 Agustus. Kemudian untuk pendaftarannya dimulai pada tanggal 27-29 Agustus 2024. (sam/gus)

 



Pos terkait