40 Anggota DPRD Kotim Siap Dilantik, Cek Berapa Perolehan Tiap Parpol

ILUSTRASI-KURSI-DPRD
Ilustrasi. (net)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 40 angggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) periode 2024-2029 akan dilantik Rabu (14/8/2024) besok. Pengambilan sumpah janji jabatan itu akan dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Sampit.

”Pelantikannya dilaksanakan 14 Agustus melalui Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kotim,” kata Rinie Anderson, Ketua DPRD Kotim, Senin (12/8/2024).

Bacaan Lainnya

Terkait persiapan pelantikan, Rinie menegaskan, sudah siap sepenuhnya, baik anggota yang akan dilantik maupun staf yang bertugas. Adapun untuk unsur pimpinan belum diketahui.

”Besok saat gladi semua akan diketahui. Untuk pelantikannya akan dilaksanakan serentak 14 Agustus 2024. Dan sudah dipastikan untuk anggota DPRD Kotim periode selanjutnya banyak wajah baru,” ujarnya.

Rinie menambahkan, sebagai Ketua DPRD Kotim periode sebelumnya, dia siap jika ditunjuk kembali sebagai pimpinan. Sesuai mekanisme, pimpinan DPRD berasal dari partai yang paling banyak mendapatkan kursi di DPRD.

Baca Juga :  Politik Uang Paling Edan di Kalteng, Suara Pemilih Dihargai Rp1 Juta Per Orang

”PDI Perjuangan terbanyak dengan sepuluh kursi, sehingga bisa dipastikan kursi pimpinan nantinya berasal dari PDI Perjuangan,” katanya.

Adapun perolehan kursi DPRD Kotim berdasarkan partai, yakni PKB 5 kursi, Gerindra 6 kursi, PDIP 10 kursi, Golkar 5 kursi, Nasdem 2 kursi, PKS 3 kursi, PAN 5 kursi, Demokrat 3 kursi, dan Perindo 1 kursi. (ang/ign)

 



Pos terkait