6 Dampak Buruk Konsumsi Gula Berlebihan

gula
6 Dampak Buruk dari Konsumsi Gula yang Berlebihan pada Tubuh. (freepik.com)

Radarsampit.com – Gula merupakan zat yang penting dikonsumsi untuk tubuh, terutama untuk metabolisme tubuh.

Namun, jika mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat berdampak buruk. Diketahui bahwa gula selalu ditemui pada setiap produk makanan dan minuman, gula yang ditambahkan ke makanan olahan jauh lebih buruk dari gula alami yang terdapat di buah-buahan dan sayuran.

Bacaan Lainnya

Mengkonsumsi gula yang berlebihan akan membuat sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh berubah.

Berikut ini merupakan enam bahaya dampak buruk mengkonsumsi gula yang berlebihan bagi tubuh yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Jumat (2/8/2024).

  1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Jika kamu, mengkonsumsi gula tambahan, maka risiko lebih besar untuk meninggal akibat penyakit jantung.

  1. Kerusakan Hati

Gula yang masuk ke aliran darah di saluran pencernaan akan dipecah menjadi glukosa dan fruktosa. Namun, fruktosa tidak diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang signifikan karena memang tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :  Kemenperin Pastikan Stok Gula Hingga Minyak Aman Jelang Ramadan

Sehingga, konsumsi gula yang berlebih dapat membuat tubuh kelebihan fruktosa yang dapat membebani hati dan menyebabkan perlemakan hati. Hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya komplikasi kesehata.

  1. Resistensi Hormon Insulin

Dampak buruk selanjutnya dari konsumsi gula yang berlebihan, yaitu resistensi hormon insulin. Perlu diketahui bahwa hormon insulin ini berperan dalam membantu mengkonversi makanan menjadi energi.

Namun, ketikan hormon insulin tubuh dan kadar gula tinggi, maka akan membuat sensitifitas fungsi hormon berkurang dan akan membuat glukosa menumpuk dalam darah.

Ada beberapa gejala yang dialami ketika seseorang terkena resistensi insulin, seperti kelelahan, kelaparan , kabut otak, dan tekanan darah tinggi.

  1. Merusak Gigi

Gula merupakan penyebab utama dibalik kerusakan gigi, ketika gula menempel pada gigi, maka akan memberi makan bakteri plak yang sudah ada secara alami di gigi.



Pos terkait