8 Ciri Unik Orang dengan IQ Tinggi, Termasuk Salah Satunya Pemalas Menurut Penelitian

memiliki iq tinggi
Ilustrasi

Radarsampit.com – IQ atau Intelligence Quotient adalah ukuran yang umum digunakan untuk menilai kemampuan kognitif seseorang, seperti kemampuan memecahkan masalah, logika, dan pemahaman verbal. Dalam dunia psikologi, IQ dianggap penting karena mampu memprediksi prestasi akademik dan beberapa aspek kesuksesan hidup.

Orang dengan IQ tinggi seringkali menunjukkan ciri-ciri unik yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh orang-orang cerdas menurut penelitian.

1. Sering Mengalami Kecemasan

Penelitian di SUNY Downstate Medical Center, New York, menemukan bahwa orang yang cemas cenderung memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengalami kecemasan. Orang-orang yang cemas sering memikirkan berbagai skenario dan kemungkinan dari berbagai situasi, yang membuat mereka lebih mahir dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah.

2. Pecinta Kucing

Sebuah studi yang dilakukan oleh Carroll University menemukan bahwa pecinta kucing cenderung memperoleh nilai IQ yang lebih tinggi dibandingkan pecinta anjing. Studi ini melibatkan 600 mahasiswa partisipan, dan hasilnya menunjukkan bahwa penyuka kucing memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Baca Juga :  Chris Martin Selingi Konser Coldplay dengan "Pinjam Dulu Seratus"

3. Cenderung Menjadi Ateis

Tinjauan terhadap 35 penelitian ilmiah menemukan bahwa orang dengan pandangan hidup yang naturalis, atau yang tidak menganut agama, memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan orang yang religius.

4. Meja Kerja yang Berantakan

Penelitian menunjukkan bahwa bekerja di lingkungan yang berantakan dapat merangsang kreativitas dan ide-ide segar. Menurut penelitian dari laman New Traderu, orang yang bekerja di ruang yang berantakan cenderung lebih inovatif dibandingkan mereka yang bekerja di ruang yang terorganisir.

5. Rentan Terhadap Penyakit Mental

Hubungan antara penyakit mental dan IQ sering menjadi perdebatan. Beberapa pemikir hebat seperti Edgar Allan Poe dan Amy Winehouse mengidap gangguan bipolar. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara protein yang terkait dengan memori dan rasa ingin tahu dengan gangguan mental seperti skizofrenia.

6. Suka Mengumpat

Penelitian yang diterbitkan dalam Language Studies menunjukkan bahwa orang yang suka mengumpat memiliki kosakata yang lebih kaya. Kosakata yang luas ini seringkali dikaitkan dengan IQ yang tinggi.

Baca Juga :  Kekerasan Anak PAUD, Oknum Guru Jadi Tersangka

7. Berani Mengambil Risiko

Penelitian di Finlandia menemukan bahwa orang yang berani mengambil risiko, terutama dalam menghadapi tantangan baru, cenderung lebih cerdas. Studi ini menggunakan simulasi mengemudi dan menemukan bahwa orang yang membuat keputusan berisiko memiliki lebih banyak materi otak yang berhubungan dengan fungsi kognitif.

8. Pemalas

Penelitian dari Florida Gulf Coast University menunjukkan bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung lebih malas. Mereka memiliki rentang perhatian yang panjang dan sering kali lebih suka merenung dan berpikir daripada melakukan aktivitas fisik.



Pos terkait