8 Kesalahan yang Bisa Membuat Kita Dipecat dari Pekerjaan

pekerja kantoran

Radarsampit.com – Sebagian besar dari kita pasti pernah membuat satu atau dua kesalahan di tempat kerja, dan biasanya hal itu tidak berdampak besar.

Seringkali, kita belajar dari kesalahan tersebut dan menggunakannya untuk memperbaiki diri.

Bacaan Lainnya

Namun, ada beberapa kesalahan kritis namun jujur yang harus dihindari dengan cara apa pun, kecuali Anda ingin kehilangan pekerjaan.

Dilansir dari yourtango.com menyebutkan bahwa adalah 8 kesalahan yang dapat membuat Anda dipecat dari pekerjaan antara lain:

1. Berbicara atas Nama Perusahaan Tanpa Izin

Jangan pernah berbicara atas nama perusahaan Anda tanpa izin, kecuali jika Anda ingin dipecat. Perusahaan sangat menjaga citra dan reputasi mereka. Jadi, menentang kebijakan, tujuan, atau visi mereka bisa menjadi masalah besar.

Jika Anda ragu apakah pernyataan Anda mewakili visi perusahaan, tanyakan terlebih dahulu. Bertanya bisa menjadi perbedaan antara kehilangan atau mempertahankan pekerjaan.

2. Terlalu Banyak Bercanda

Orang-orang memang suka bercanda, tetapi di tempat kerja, hal ini tidak selalu profesional. Bercanda adalah permainan yang rumit yang bisa berakhir baik atau buruk. Dalam lingkungan kerja, keadaan bisa memburuk dengan cepat.

Baca Juga :  Muncul Hoax Dirinya Meninggal, Ivan Gunawan Justru Kasihan

Studi menunjukkan bahwa lelucon yang bagus bisa meningkatkan pandangan orang lain terhadap Anda, sementara lelucon yang buruk bisa berdampak sebaliknya. Simpanlah lelucon untuk di rumah. Pekerjaan Anda akan berterima kasih karenanya.

3. Kurang Memiliki Kecerdasan Emosional

Jika Anda kurang memiliki kecerdasan emosional di tempat kerja, hal ini bisa membuat Anda dipecat. Mengapa? Sebagian besar perusahaan tidak menyukai orang yang tidak peka terhadap emosi rekan kerja.

Jika Anda tidak bisa menyadari jika Anda bersikap kasar, menyinggung, atau tidak sopan, hal itu bisa menjadi masalah besar dan menimbulkan drama di tempat kerja. Jadilah lebih sadar dan empati dalam menanggapi rekan kerja. Kecerdasan emosional adalah indikator keberhasilan karier yang hebat.

4. Menyalahgunakan Perlengkapan Perusahaan

Banyak orang memiliki kebiasaan buruk membawa pulang perlengkapan kantor. Jangan pernah berasumsi bahwa Anda boleh melakukannya tanpa izin. Beberapa perusahaan mungkin menganggap Anda mencuri perlengkapan untuk keuntungan pribadi, yang bisa berujung pada pemecatan.



Pos terkait