Abdullah Azwar Anas: Seleksi CASN Dimulai Agustus Tahun Ini

CPNS Kobar
TES CASN: Tes CASN melalui sistem computer assited test beberapa waktu lalu (DOK.RADAR SAMPIT)

Sejauh ini, sudah proses verifikasi untuk status calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah mencapai 97 persen. Sehingga, pengumuman pendaftaran bakal segera digelar.

”Insya Allah dalam waktu dekat segera akan diumumkan. Sekitar Agustus untuk rekrutmen CPNS,” sambungnya.

Bacaan Lainnya

Anas pun turut menyampaikan, bahwa dari jumlah formasi yang ditetapkan tahun ini, nantinya 60 ribu formasi bakal ditempatkan di Ibukota Nusantara (IKN). Selain itu, ada pula kuota khusus bagi putra-putri asli Kalimantan untuk bisa menempati posisi sebagai abdi negara di IKN.

Anas memastikan, proses rekrutmen akan dilakukan secara transparan. Tak ada lagi honorer ataupun ASN yang ASDP seperti dulu kala. ”Apa ASDP? Anak Saudara dan Ponakan. Apalagi Habis Pilkada. Waduh, Habis Pilkada ini gak di semua tempat. Sebagian saja. Relawan, tim sukses paling gampang itu masuk di satpol PP. Karena gak perlu kompetensi yang hebat cukup baris-baris. Tapi sekarang sudah enggak. Sekarang kan seleksinya udah berat,” paparnya. Selain itu, para bupati pun dinilainya sudah melakukan perubahan.

Baca Juga :  Jalur Darat Mulai Padat, Tiket Bus Ludes di Tanggal Ini

Ia pun tak ingin karena rekrutmen PNS tidak profesional sehingga berdampak pada pelayan publik yang tidak berkualitas. Investasi pun jadi terhambat karena tak segera turun urusan izin-mengizin.

Sebagai informasi, seleksi menjadi abdi negara ini sebetulnya sudah diawali melalui seleksi sekolah kedinasan yang pendaftarannya dibuka Mei 2024. Kemudian, dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 18 Juli 2024. Setelahnya, rencananya disusul dengan pendaftaran seleksi CASN di Juli. Tapi sayangnya, jadwal tersebut harus mundur hingga Agustus 2024. (mia/jpg)



Pos terkait