Ada Apa Ini? Jerit Tangis Bersahutan di Rumah Jabatan Bupati Kotim

Sunatan Massal Ratusan Anak

Sunatan Massal
SUNATAN MASSAL: Layanan sunatan massal yang digelar Bupati Kotim Halikinnor di rumah jabatannya, Senin (24/6/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

Kegiatan sunatan massal ini diselenggarakan Halikinnor dengan niatan membantu meringankan biaya masyarakat.

”Saya mendengar biaya sunat ada yang Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta. Mohon maaf bagi masyarakat yang kurang mampu, ini mungkin cukup berat. Pas kebetulan libur sekolah seperti ini belum tentu ada duitnya. Makanya saya niatkan membantu membuka layanan sunatan massal,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Tak disangka, dari pendaftaran secara online mencapai 905 pendaftar. Paling banyak dari Kecamatan MB Ketapang 280 pendaftar dan Baamang 202 pendaftar.

”Secara online saja 280 pendaftar belum yang offline. Mudah-mudahan saja 350-an pendaftar hari ini selesai disunat semua. Lusa dilanjutkan layanan sunat wilayah Kecamatan Baamang. Besok rencananya di Kuala Kuayan, sekalian saya akan menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran,” kata Halikinnor.

Dia juga berterima kasih kepada tenaga kesehatan yang sudah memberikan pengadian layanan sunatan massal.

”Sunatan ini penting apalagi sebagai umat muslim wajib hukumnya menjaga kebersihan khususnya laki-laki disunat. Tadi informasinya juga ada yang nonmuslim yang ikut mendaftar menngikuti sunatan massal. Saya berterima kasih untuk semua tenaga kesehatan atas pengadian layanan sunatan massal ini,” katanya.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, Harga Sembako di Sampit sudah Mulai Naik

Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan, pihaknya mengerahkan 67 perawat yang dilibatkan dari RSUD dr Murjani Sampit, RS Pratama Samuda, RS Pratama Parenggean, Puskesmas Baamang I, Baamang II, Ketapang I, Ketapang II, Bagendang, Kotabesi, Seranau, Pasir Putih, dan Puskesmas Cempaka Mulia.

”Ada 67 perawat yang bertugas di beberapa RS dan puskesmas yang ikut dilibatkan dan dua dokter, tiga apoteker dan tujuh tim kesehatan bidang pelayanan kesehatan di Dinkes Kotim yang dilibatkan dalam kegiatan sunatan massal ini,” kata Umar Kaderi.

Selain itu, pihaknya juga sudah mempersiapkan racikan obat untuk pasien yang akan disunat.

”Untuk hari ini khusus untuk Kecamatan MB Ketapang ada lebih dari 280 orang yang dibuka tujuh sesi. Masing-masing sesi menangani 40 pasien yang disunat. Insya Allah, di wilayah MB Ketapang ini target selesai hari ini dan dilanjutkan lusa untuk wilayah Kecamatan Baamang yang akan diikuti lebih dari 202 pendaftar,” katanya.



Pos terkait