Ada Tuyul, Tuak, Beer dan Rhum Lolos Sertifikasi Halal Kemenag, Seperti Ini Tanggapan MUI

produk non halal
Produk pakai nama non halal yang lolos sertifikasi BPJH Kemenag RI

Radarsampit.com – dihebohkan dengan produk-produk yang menggunakan nama-nama non halal, tetapi lolos mendapatkan sertifikat halal dari Kemenag.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan penerbitan sertifikat halal untuk produk dengan nama atau merek non halal tersebut, menyalahi aturan.

Bacaan Lainnya

Produk-produk tersebut menggunakan nama non halal, seperti Rhum, Tuak, Beer, sampai Tuyul. Sebelumnya juga sempat heboh nama produk yang mencantumkan nama Wine dalam merek dagangnya.

Ketua MUI bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh mengatakan sesuai standar fatwa MUI, hal itu tidak dibenarkan. Merespon laporan masyarakat tersebut, MUI melakukan konfirmasi, klarifikasi, dan pengecekan.

Menyikapi persoalan tersebut, Asrorun mengatakan MUI langsung melakukan investigasi dan menggelar pertemuan untuk mencari titik terang atas kasus ini. Dia memimpin investigasi yang digelar pada Senin (30/9).

Dari hasil investigasi dan pendalaman, terkonfirmasi bahwa informasi tersebut valid. Produk-produk tersebut memperoleh Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH) melalui jalur Self Declare. Yaitu jalur tanpa melalui audit Lembaga Pemeriksa Halal dan tanpa penetapan kehalalan melalui Komisi Fatwa MUI.

Baca Juga :  Game Online jadi Media Promosi Judi Online

“Penetapan Halal tersebut menyalahi Standar Fatwa MUI, juga tidak melalui Komisi Fatwa MUI. Karena itu MUI tidak bertanggung jawab atas klaim kehalalan terhadap produk-produk tersebut,” kata Asrorun dalam keterangannya Selasa (1/10).

Lebih lanjut, dia menegaskan pihaknya akan segera koordinasi dengan BPJPH Kemenag untuk mencari jalan keluar terbaik. Agar kasus serupa tidak terulang.

“Saya akan segera komunikasi dengan teman-teman Kemenag, khususnya BPJPH untuk mendiskusikan masalah ini,” tegasnya. Dalam rapat tersebut diperoleh informasi bahwa kejadian itu valid, bukti-buktinya jelas terpampang dalam website BPJPH, dan diarsipkan oleh pelapor. Namun, belakangan nama-nama produk tersebut tidak muncul lagi di aplikasi BPJPH.

Lebih lanjut Guru Besar Ilmu Fikih UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menyatakan, sesuai dengan ketentuan dalam sertifikasi halal, penetapan kehalalan produk harus mengacu pada standar halal yang ditetapkan oleh MUI.



Pos terkait