Agustiar Minta Masyarakat Tak Takut Laporkan Pembakar Lahan

agustiar sabran
Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar sabran mengingatkan masyarakat agar aktif menjaga lingkungan sekitarnya. Hal itu penting mencegah kebakaran hutan dan lahan yang belakangan kian masif, terutama di Palangka Raya.

Agustiar juga berharap pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng agar mewaspadai potensi karhutla. ”Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harus dipelajari dengan baik agar persoalan ini tidak kembali terjadi di setiap daerah,” katanya, Senin (29/7/2024).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Agustiar mengatakan, koordinasi antarlembaga terkait harus ditingkatkan untuk memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim kemarau dengan potensi karhutla yang tinggi.

Di sisi lain, masyarakat diminta tak takut melaporkan apabila mengetahui ada oknum yang sengaja membakar lahan.

”Kalau saya nilai, aparat hukum di Kalteng juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Bagi oknum yang membakar lahan atau hutan, bisa dikenakan pidana sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Baca Juga :  Ngeri! Teror Hewan Liar di Palangka Raya Seolah Tak Ada Habisnya

Dia juga mengingatkan agar alokasi anggaran terkait penanggulangan karhutla diperhatikan dengan seksama. Hal itu mengingat dampak yang ditimbulkan sangat besar bagi manusia dan daerah. (daq/ign)



Pos terkait