AHY Ingatkan Warga Hindari Calo saat Urus Sertifikat Tanah

Agus Harimurti Yudhoyono
HINDARI CALO: Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan sertifikat pada warga Petuk Katimpun, Palangka Raya, Jumat (28/6/2024). (Istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta masyarakat agar menghindari calo dalam hal pengurusan sertifikat. Di sisi lain, pihaknya berkomitmen memberantas mafia tanah dengan dukungan stakeholder terkait.

Hal itu ditegaskan AHY saat berkunjung ke Petuk Katimpun, sekaligus menyerahkan secara sejumlah sertifikat tanah warga, Jumat (28/6/2024). Dia mengatakan, setiap kunjungan di daerah berusaha menyempatkan diri menyapa masyarakat dan menyerahkan sertifikat, sebagai upaya menyosialisasikan bahwa mengurus sertifikat itu mudah dan bisa dilakukan setiap saat.

Bacaan Lainnya

”Langsung tanpa ada perantara atau calo, datang ke kantor BPN di seluruh Indonesia dan mendaftarkan tanah. Akan segera diproses dan jika hasilnya clear, sertifikat diserahkan kepada masyarakat,” ujarnya.

AHY menuturkan, pihaknya ingin masyarakat yang mempunyai lahan sesuai aturan memiliki sertifikat agar tidak ada penyerobotan dari mafia tanah. Dengan adanya sertifikat, akan jadi aset serta ada kepastian hukum. ”Bisa dijaminkan untuk jadi modal usaha. Jadi banyak manfaatnya,” katanya. (daq/ign)



Baca Juga :  Perjuangkan Tanah Warga Hiu Putih sampai Pengadilan

Pos terkait