Arti dan Makna Lambang Kabupaten Sukamara

Sukamara Berarti Senang untuk Maju

lambang kabupaten sukamara
PUNYA ARTI: LambangKabupaten Sukamara yang berbentuk perisai persegi.

SUKAMARA, RadarSampit.com-Setiap pemerintahan, baik itu provinsi, kabupaten/kota bahkan Negara mempunyai lambang masing-masing yang mencirikan pemerintahan sekaligus wilayahnya. Namun, tak ditampik pula tak sedikit masyarakatnya tak mengerti apa arti lambang tersebut. Nah, bagaimana dengan lambang Kabupaten Sukamara dan apa artinya?

Lambang Kabupaten Sukamara ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Lambang Daerah dan penetapan Hari Jadi Kabupaten Sukamara. Setiap tanda gambar yang terdapat dalam lambang tersebut mempunyai makna dan arti tersendiri, sesuai dengan apa yang ada di wilayah Sukamara.

Bacaan Lainnya

Dilihat dari keseluruhan bentuk lambang tersebut berbentuk perisai persegi, hal ini melambangkan bahwa Kabupaten Sukamara merupakan satu kesatuan dari Republik Indonesia yang menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara. Sedangkan kata Sukamara yang tertulis paling atas dari lambang tersebut merupakan nama daerah. Arti dari Sukamara sendiri adalah berarti suka maju atau senang untuk maju. Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat Sukamara ingin selalu memajukan daerahnya dalam segala hal.

Baca Juga :  Diduga Frustasi, Lansia di Kalteng Ini Nekat Bunuh Diri

Bintang persegi lima yang terdapat persis di bawah tulisan kata Sukamara, melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya bahwa masyarakat percaya dengan adanya Tuhan dan juga melambangkan keragaman agama yang ada, walaupun bermacam agama tetapi masyarakat dapat hidup rukun dan damai, dan saling menghormati antarpemeluk agama.

Di dalam lambang juga terdapat permata kecubung. Gambar ini melambangkan bahwa kekayaan sumber alam yang ada di wilayah Sukamara berupa batu permata kecubung, yang merupakan kebanggaan dan banyak terdapat di daerah seperti Balai Riam.

Sedangkan pancaran cahaya kecubung yang terdapat dalam lambang tersebut, bagian atas terdapat 2 buah pancaran yang melambangkan tanggal kelahiran dan bagian bawah terdapat 7 pancaran melambangkan bulan kelahiran Kabupaten Sukamara.

Juga terdapat padi dan kapas dalam lambang tersebut. Gambar ini mencerminkan kesejahteraan masyarakat dengan jumlah bulir padi sebanyak 17 buah dan bunga kapas berjumlah 8 buah yang semuanya melambangkan tanggal dan bulan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.



Pos terkait