Arti dan Makna Lambang Kabupaten Sukamara

Sukamara Berarti Senang untuk Maju

lambang kabupaten sukamara
PUNYA ARTI: LambangKabupaten Sukamara yang berbentuk perisai persegi.

Sementara itu untuk lambang tugu pahlawan melambangkan bahwa daerah ini merupakan daerah pangkal perjuangan bagi kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan adanya taman makam pahlawan yang bernama Bumi Loka. Serta untuk lambang dataran pasir melambangkan bahwa daerah kaya akan sumber alam berupa pasir kuarsa dan kaolin.

Adapun gelombang dan air yang terdapat dalam lambang tersebut menggambarkan bahwa kabupaten Sukamara dilalui oleh beberapa sungai dan berbatas di sebelah selatan dengan laut Jawa, dan perahu yang terdapat dalam lambang tersebut adalah mencerminkan kehidupan yang bergantung pada perairan yang merupakan juga daerah pelabuhan.

Bacaan Lainnya

Gambar pita dan semboyan atau motto Gawi Barinjam yang ada dalam lambang tersebut adalah gambaran persatuan dan kesatuan masyarakat, dan juga suka bekerja sama atau bergotong-royong untuk mencapai tujuan mulia, sedangkan lambang empat tangga pada dasar tugu mengartikan bahwa terbentuknya Kabupaten Sukamara melalui empat tahapan yaitu, Kewedanan, Kecamatan, Pembantu Bupati dan terakhir Kabupaten.

Baca Juga :  Dua Oknum Satpam Ini Malah Mencuri

Terakhir makna dari lambang Kabupaten Sukamara adalah warna hijau pada dasar lambang yang bermakna tumbuh, hidup dan berkembang, warna hitam dan kuning serta merah pada bingkai lambang mempunyai makna penolakan bala, mara bahaya serta berani dan selalu waspada. (fzr/gus)

 



Pos terkait