Arus Pendek Listrik Bikin Rumah Warga Jadi Arang

kebakaran palangka raya
HANGUS: Amukan api menghanguskan rumah warga di Jalan Bukit Keminting 2 Palangka Raya, Senin (2/9/2024) malam. (Istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Amukan si jago merah kembali terjadi di Palangka Raya, Kalteng. Kali ini di Jalan Bukit Keminting 2 Gang Bima, Senin (2/9/2024) malam. Sebuah rumah kosong yang terbuat dari kayu permanen beratapkan seng ludes dilalap api.

Api dari bagian atas rumah lantai dua itu langsung menyebar membakar bangunan. Diduga api muncul lantaran arus pendek alias korsleting listrik. Diketahui rumah itu milik Joni (37), warga Jalan Beliang.

Bacaan Lainnya

Kanit SPKT Regu III Polresta Palangka Raya Aipda Kodrat Sumaksono mengatakan, awalnya terlihat kepulan asap dari bagian kamar di lantai dua. Tak lama kemudian muncul percikan api hingga akhirnya membakar seluruh bangunan.

”Kerugian material diperkirakan sebesar Rp5 juta,” katanya.

Kodrat melanjutkan, penyebab pasti kebakaran belum diketahui. Hanya saja, dugaan sementara arus pendek listrik.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Deras Semalaman, Palangka Raya Dikepung Banjir

”Petugas sedang melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya mengenai insiden ini,” katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan dalam kejadian tersebut, mulai dari meteran listrik hingga arang sisa kebakaran. ”Tidak ada yang terluka. Tetapi kejadian ini membuat panik warga sekitar lantaran di TKP merupakan kawasan padat penduduk,” katanya.

Koordinator Call Center 112 Palangka Raya Sucipto mengatakan, api dipadamkan sekitar 45 menit tim gabungan turun. Dugaan kebakaran akibat korsleting listrik di rumah tersebut.

Kepala Bagian Operasi ERP Yustinus Exaudi mengatakan, kebakaran yang terjadi di awal September ini, diduga 50 persen penyebabnya karena korsleting listrik arus pendek. Ditambah faktor kelalaian manusia.

Dia mengimbau masyarakat melakukan pencegahan kebakaran sejak dini dengan memastikan jaringan listrik tidak bermasalah dengan meminta PLN melakukan pemeriksaan terhadap jalur kelistrikan. (daq/ign)



Pos terkait