Bahrun Abbas: Kegiatan Pramuka Efektif Cegah Kenakalan Remaja

pramuka
PRAMUKA: Para pelajar mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 di halaman Kantor Bupati Seruyan, Rabu (14/08/2024) pagi. (RIFANI DEWANTARA/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Bahrun Abbas memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 di halaman Kantor Bupati Seruyan, Rabu (14/08/24).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan berharap organisasi Pramuka jadi tembok utama pencegahan kenakalan remaja di Bumi Gawi Hatantiring.

Bacaan Lainnya

Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan.

Untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka Ke-63 ini yaitu ‘Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI’.

Bahrun Abbas mengatakan, saat ini kita tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, perkembangan teknologi dan komunikasi yang menjadikan hilangnya batas-batas negara karena mudahnya hubungan antar warga negara, maraknya judi online yang merusak generasi muda, aksi bullying, kasus narkoba, dan lainnya.

Baca Juga :  Pemkab Seruyan Didesak Implementasikan Perda RTRWK

“Menghadapi masalah tersebut, gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk menganalisasi situasi saat ini, pencegahan kenakalan remaja di dunia pendidikan dan di lingkungan sekitar dengan adanya kegiatan yang bermanfaat,” katanya.

Menurutnya, gerakan Pramuka memberikan pendidikan kecakapan hidup (life skill), kemampuan komunikasi (soft skill), keterampilan spesifik (hard skill), dan dilengkapi dengan kecerdasan spritual, emosional, intelektual, dan fisik yang menjadi fostur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

Selain itu, gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal realitanya tidak hanya sekadar menangani pembentukan karakter (character building), tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya.

“Pramuka juga fokus pada pengabdian masyarakat seperti perbantuan berbagai bencana, terlibat dengan tim SAR, dan melaksanakan kegiatan bakti sosial yang memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” tukasnya. (rdw/fm)



Pos terkait