Bakal Ada Aksi Spektakuler di Langit IKN, Delapan Pesawat Jupiter Aerobatic Tiba di Balikpapan

pesawat tempur
SIAP ATRAKSI: Pesawat tempur milik TNI yang tiba di Bandara SAMS Sepinggan, Sabtu (10/8). Pesawat-pesawat tersebut akan unjuk kebolehan saat upacara HUT ke-79 RI di IKN.ANGGI PRADITHA/KALTIM POST

BALIKPAPAN, radarsampit.com – Kontingen TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang terlibat dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai tiba di Balikpapan, Sabtu (10/8/2024).

Sebelum memulai tugas, seluruh anggota kontingen telah menjalani pelatihan intensif di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) serta di Pusat Pelatihan Cibubur maupun Jogjakarta.

Bacaan Lainnya

Setelah tiba, kontingen TNI AU akan bergabung dengan seluruh pasukan upacara dari TNI dan Polri. Mereka akan menerima pengarahan dari Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, sebelum memulai serangkaian latihan dan geladi upacara menjelang peringatan pada 17 Agustus mendatang.

Pada Sabtu (10/8/2024), delapan pesawat Aerobatic Jupiter Team dari TNI AU mendarat di Hanggar D Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Pesawat-pesawat tersebut, yang sebagian memiliki desain khusus HUT ke-79 RI dengan IKN, tiba pada tengah hari.

”TNI AU mempersiapkan demo udara yang akan menampilkan aksi manuver dari tim aerobatik Jupiter Aerobatic Team (JAT), serta flypass pesawat tempur F-16 Fighting Falcon,” ungkap Letkol Pnb Idam Satria, komandan Skadron Pendidikan 101 Wingdik 100/Terbang Lanud Adisucipto Jogjakarta.

Baca Juga :  Tak Sanggup Dicereweti Mertua, Suami Ancam Pisah

Selain TNI AU, beberapa kendaraan tempur dari matra lain juga akan terlibat dalam atraksi militer pada HUT RI ini. TNI Angkatan Darat (AD) akan mengerahkan dua helikopter AH-64E Apache.

Sementara TNI Angkatan Laut (AL) akan mengerahkan dua helikopter AS-565 MBe Panther. Polri juga akan mengerahkan dua helikopter Agusta Westland 169.

Secara keseluruhan, sebanyak 28 kendaraan tempur udara akan ambil bagian dalam pertunjukan pada 17 Agustus di IKN. Semua kendaraan itu akan menghiasi langit IKN, memperingati HUT ke-79 RI dengan pertunjukan yang spektakuler.

”Ada beberapa manuver yang akan dipertunjukkan. Namun tidak secara penuh karena keterbatasan waktu. Selama 5 menit, akan ada lima manuver melibatkan F-16 dan KT-1P dari Jupiter Aerobatic. Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Termasuk latihan parsial dan gabungan dengan skadron lainnya. Untuk pesawat dengan tail logo khusus IKN itu nanti posisinya berada di center,” beber Idam.



Pos terkait