Bikin Heboh, ODGJ di Palangka Raya Bakar Rumah Sendiri

ODGJ Bakar Rumah
KEBAKARAN : Petugas memadamkan api di sebuah rumah di jalan Temanggung Kanyapi III, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Rabu (7/8/24) pukul 14.37 WIB. (ISTIMEWA/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Warga di jalan Temanggung Kanyapi III, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Rabu (7/8/2024) mendadak gempar akibat ulah wanita berinisial M yang membakar rumahnya sendiri.

Diduga yang bersangkutan merupakan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Bahkan saat petugas pemadam datang, M berteriak dan ingin masuk ke dalam rumah.

Bacaan Lainnya

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai juta rupiah.

Saat kejadian, suami M berinisial R tidak berada di rumah. Sebelum membakar rumahnya sendiri, M beberapa hari mengancam warga akan membakar rumahnya. Dan akhirnya, ancaman M terjadi, dia nekat membakar rumah.

Untungnya, api tidak sampai merembet ke bangunan lain. Saat ini, M sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei guna dilakukan pemeriksaan dan screening kejiwaan. Tidak diketahui, kenapa M depresi maupun diduga ODGJ.

Baca Juga :  Kasus Laka Kerja di Kapuas segera Seret Tersangka

Koordinator Call Center 112 Palangka Raya, Sucipto mengatakan, rumah diduga dibakar oleh istri pemilik. Hal tersebut berdasarkan keterangan para tetangga.

Kata Sucipto, timnya koordinasi dengan SOPD terkait RSJ. Kalawa Atei dan juga suami terduga serta tetangga, sehingga yang bersangkutan diantarkan ke RSJ. Kalawa Atei untuk dilakukan perawatan secara baik sesuai prosedur.

“Karena ada kata sepakat itu, maka isteri pemilik rumah langsung dibawa ke RSJ. Kalawa Atei didampingi oleh suaminya,” kata Sucipto.

Sucipto menerangkan, rumah sempat terbakar bagian ruang tamu hingga teras di tumpuk dengan barang-barang  dan Kasur. KWh listrik sempat meletup akibat jilatan api yang melambung.

“Sempat dilakukan pemadaman oleh warga, sampai akhirnya pemadam datang dan langsung dipadamkan, sehingga kebakaran tidak merembet ke bangunan lainnya,” terangnya.

Sucipto menegaskan, pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 14.37 WIB. Saat petugas tiba di lokasi, api telah membesar dan asap mulai naik ke bagian atap rumah. (daq/fm)

 



Pos terkait