BPJS Ketenagakerjaan Gelar TOT K3, Berikan Perlindungan Bagi Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit

tot bpjs ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan mengadakan pelatihan Training of Trainer (TOT) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk wilayah Kalimantan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng pada tanggal 16-18 Oktober 2024

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – BPJS Ketenagakerjaan mengadakan pelatihan Training of Trainer (TOT) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk wilayah Kalimantan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng.

Acara digelar pada tanggal 16-18 Oktober 2024. Kegaiatan TOT K3 kali ini berfokus pada pekerja perkebunan kelapa sawit.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Roswita Nilakurnia menyampaikan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah menjadi fokus utama BPJS Ketenagakerjaan. Di mana sepanjang tahun 2023, tercatat ada lebih dari 370 ribu kasus kecelakaan kerja dengan 60,5% atau sekitar 224 ribu kasus terjadi di sektor perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit.

“Untuk menekan laju angka kecelakaan kerja pada sektor perkebunan, BPJS Ketenagakerjaan secara konsisten memperkuat penerapan langkah-langkah promotif preventif, salah satunya dengan menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) K3 kepada Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit dengan bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO),” ujar Roswita.

Baca Juga :  Makin Meluas, Karhutla di Pangkalan Bun Nyaris Bakar Rumah Warga 

Menurutnya dengan pelatihan ini diharapkan mampu membentuk pelatih-pelatih internal di perusahaan yang akan menjadi garda terdepan dalam mendidik dan meningkatkan kesadaran pekerja akan pentingnya K3 dan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kegiatan Promotif Preventif BPJS Ketenagakerjaan ini bertema Training of Trainer (ToT) K3 untuk Wilayah Kalimantan. Kegiatan ini merupakan rangkaian penutup kegiatan Training of Trainer (ToT) K3 yang telah diselenggarakan sejak akhir September 2024 di Palembang, Medan, Pekanbaru dan saat ini digelar di Pangkalan Bun dengan total peserta mencapai 400 pekerja.

“Kami berharap pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mencetak para pelatih internal yang kompeten, yang akan terus menyebarkan ilmu K3 di perusahaan masing-masing serta memberikan dampak yang signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat, sekaligus meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja.”



Pos terkait