Buaya Muara Terperangkap Jaring Nelayan Sungai Mentaya

buaya sampit
EVAKUASI: Komandan BKSDA Resort Sampit mengevakuasi seekor buaya yang terperangkap di jaring rengge nelayan, Jumat (20/9).

SAMPIT, radarsampit.com –  Seekor buaya terperangkap jaring rengge milik Diansyah di Sungai Mentaya Jalan Baamang I, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (20/9).

Kejadian itu disadari Diansyah saat mengangkat jaring pada Jumat sekitar pukul 05.30 WIB. Jaring itu sudah dipasangnya sehari sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Saya lihat jaring terguncang dengan keras menghempas air sungai. Saya mengira akan dapat ikan,  saat jaring diangkat ternyata buaya,” ujar Diansyah.

Jaring sepanjang 40 meter dipasang Diansyah pada Kamis (19/9). Saat diangkat, sebagian jaring rusak karena moncong buaya berusaha keluar dari jeratan.

“Biasanya yang terperangkap ikan baung dan haruan. Baru kali ini yang saya dapatkan buaya sampai jaring saya rusak,” ujarnya.

Jaring beserta buaya yang terperangkap kemudian diangkut ke atas perahu menuju tepian Sungai Mentaya di Jalan Baamang I.

Baca Juga :  SMAN 1 Sampit Gelar In House Training

“Saya menduga buaya terjerat saat ingin memakan ikan dalam jaring rengge ternyata buaya yang ikut terperangkap. Supaya tidak mengamuk, moncong dan mata buaya dilakban dibantu warga setempat, setelah itu diserahkan ke BKSDA Resort Sampit,” ujarnya.

Komandan BKSDA Resort Sampit Muriansyah  membenarkan laporan warga yang diterimanya sekitar jam 08.30 WIB, Jumat (20/9).

“Memang betul ada seekor buaya yang terjerat jaring milik warga di Sungai Mentaya. Lokasi awal terjerat jaring di tepi Sungai Mentaya Kelurahan Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau,” kata Muriansyah.

Dari informasi yang diterima, nelayan tidak berani melepas buaya dari jaring, sehingga evakuasi buaya dibantu oleh Komunitas Reptil Sampit.

“Sekitar pukul 10.00 WIB, buaya diserahkan ke kami dan sudah diamankan di BKSDA Resort Sampit,” katanya.

Dari pengamatannya, buaya sepanjang 1,5 meter dengan bobot 30 kg merupakan anakan buaya jenis muara berjenis kelamin jantan.

“Sudah kami periksa, tidak ditemukan luka di badan buaya. Atas kejadian ini, kami mengimbau warga yang bermukim di bantaran Sungai Mentaya agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di tepian sungai terutama saat hari sudah gelap,” katanya.



Pos terkait