Bupati Kotim: Jangan Hanya Perusahaan yang Maju!

Ingatkan Perusahaan Libatkan Koperasi

bupati kotim resmikan koperasi
DIRESMIKAN:  Bupati Kotim Halikinnor menandatangani prasasti sekaligus meresmikan kantor Koperasi Bima Penyang Mandiri didampingi Wabup Kotim Irawati, Ketua DPRD Kotim Rinie, dan Camat Telawang Asyari serta pejabat lainnya di Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Senin (13/3).

Permintaan Halikinnor kepada perusahaan agar mau membantu masyarakat menggarap lahan kembali ditegaskannya. ”Camat lapor ke saya jika ada perusahaan yang tidak mau bantu menggarap lahan untuk warga. Jika lahan itu bisa digarap, tolong dibantu. Kalau perusahaan mengabaikan dan tidak peduli dengan masyarakat sekitarnya, saya akan evaluasi izinnya,” tegasnya.

Halikinnor juga memerintahkan seluruh camat dan kades menginventarisasi lahan kosong yang bisa ditanam. Terutama tanaman yang menghasilkan manfaat.

Bacaan Lainnya

”Camat dan kades tolong segera inventarisir lahan-lahan kosong yang bisa digarap dan dimanfaatkan, sehingga itu bisa dikelola koperasi. Ini bisa jadi solusi yang baik untuk meningkatkan pendapatan anggota koperasi yang nantinya tidak hanya mendapatkan Rp1,5 juta per tiga bulan, tetapi bisa saja menghasilkan Rp1,5 juta per bulan dengan harapan ke depannya penghasilan setiap anggota koperasi bisa mencapai Rp5 juta per bulan,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Penyang Musliadi mengatakan, Koperasi Bima Penyang Mandiri sudah berdiri pada 2 November 2018 lalu. Koperasi tersebut telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku untuk keempat kalinya.

Baca Juga :  ASTAGA!!! Korban Video Call Sex di Kalteng Terus Berjatuhan, Ada Calon Doktor

”Kami berharap kepada perusahaan besar swasta (PBS) di wilayah ini bisa memberikan kontribusi nyata untuk warga setempat melalui pembagian plasma agar masyarakat memiliki pemasukan atau penghasilan,” ujar Musliadi.

Ketua Koperasi Bima Penyang Mandiri Suae mengatakan, Koperasi Bima Penyang Mandiri sudah bermitra dengan PT Agro Bukit melalui plasma kurang lebih 208 hektare. Sejak berdiri tahun 2018, koperasi didirikan sepuluh pengurus dengan 614 anggota koperasi.

”Kantor koperasi baru selesai dibangun tahun 2022  dan tahun 2023 ini selesai sehingga kami mengundang Bapak Bupati Kotim meresmikan bangunan koperasi  bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2022,” kata Suae.

Dalam kesempatan itu, Suae meminta solusi kepada Halikinnor agar masyarakat Desa Penyang mau berbagi untuk menambah plasma yang sudah ada. Dengan demikian, masyarakat Desa penyang tidak merasa hanya sebagai penonton, tetapi juga ikut memiliki dan merasakan manfaat dan penghasilan dari lahan plasma.



Pos terkait