Buruan Daftar, Kemenag Buka 20 Ribu Formasi CPNS

CPNS Kobar
TES CASN: Tes CASN melalui sistem computer assited test beberapa waktu lalu (DOK.RADAR SAMPIT)

JAKARTA, radarsampit.com – Kementerian Agama (Kemenag) baru membuka lowongan CPNS per awal September, Minggu (1/9/2024). Total kuota yang tersedia mencapai 20.772 orang. Pendaftaran CPNS di Kemenag itu dibuka sampai 14 September mendatang.

Pengumuman dibukanya pendaftaran CPNS itu, disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (31/8/2024) malam. Ada sejumlah kebijakan khusus atau afirmasi.

Bacaan Lainnya

Diantaranya adalah disiapkan 5.915 formasi yang bisa dilamar oleh lulusan Ma’had Aly. Seperti diketahui Ma’had Aly adalah lembaga pendidikan tinggi khas di pesantren.

Dia menegaskan Kemenag memberikan kesempatan bagi para santri alumni Ma’had Aly untuk bersaing secara terbuka untuk menjadi ASN. Apalagi kuota bagi pelamar Ma’had Aly tersebut cukup banyak.

’’Dengan kuota 5.915 itu, setara dengan 25 persen lebih dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini,’’ katanya.

Sekjen Kemenag M. Ali Ramdhani menjelaskan untuk jalur Ma’had Aly itu tersebar di beberapa formasi. Yakni, 3.714 kursi formasi penghulu, 1.398 kursi formasi penyuluh agama Islam, 12 formasi guru Ilmu Tafsir, 686 formasi Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 formasi Pentasih Al-Qur’an, dan 34 formasi Pengembang Tafsir Al-Qur’an.

Baca Juga :  Puluhan CPNS Gugur Administrasi Ajukan Sanggahan, Ini Tahapan Jawabannya

Pejabat yang akrab disapa Dhani itu mengatakan, Kemenag juga membuka jalur afirmasi lainnya. Yaitu formasi khusus disabilitas sebanyak 418 kursi. Selain itu juga ada formasi khusus untuk 559 kursi bagi putra dan putri Papua.

Kemudian formasi khusus sebanyak 1.040 kursi bagi putra dan putri Kalimantan. Terakhir adalah kuota khusus sebanyak 138 kursi bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

Mantan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag itu menegaskan sama seperti lainnya, pendaftaran CPNS Kemenag terpusat di website resmi BKN.

Pelamar yang sudah membuat akun di website SSCASN BKN, sudah bisa menemukan formasi CPNS Kemenag untuk dilamar.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi menambahkan, ada ketentuan teknis terkait formasi khusus itu.

Misalnya untuk formasi lulusan terbaik harus lulusan perguruan tinggi terakreditasi unggul atau A dan dari program studi terakreditasi unggul atau A. Formasi ini juga terbuka bagi lulusan kampus asing.



Pos terkait