Cara Mudah Mengatasi e-Materai Eror, Begini Langkah-Langkahnya

e materai eror
Ilustrasi

Radarsampit.com – Para pelamar CPNS 2024 mengeluh karena layanan pembelian e-materai di link resmi mengalami eror sejak Selasa (3/9/2024) lalu.

Padahal salah satu syarat penting untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2024 adalah melampirkan e-materai pada surat lamaran. Batas waktu pendaftaran CPNS 2024 sendiri hanya sampai Jumat (6/9/2024).

Bacaan Lainnya

Pantauan di dunia maya, banyak netizen di media sosial X yang mengeluhkan berbagai masalah, seperti gagal pembubuhan e-meterai, stok e-materai yang habis, hingga kuota e-materai yang tidak bertambah meski sudah melakukan pembayaran.

“Sore min, minta tolong ditindaklanjuti terkait e-meterai ini. Saya sudah beli 2 kali, tapi tidak ada satu pun yang masuk ke kuota meterainya,” tulis akun @blablautlk2much pada Selasa.

Menurut informasi dari akun Instagram resmi @peruri.digital, Peruri, sebagai penyedia resmi e-meterai, menyatakan bahwa eror pada link pembelian disebabkan oleh tingginya lalu lintas di situs web mereka.

Sebagai solusi, Peruri akan menerapkan sistem antrean untuk menjaga performa layanan agar tetap aman dan optimal, sehingga dapat melayani seluruh pengguna dengan baik.

Baca Juga :  PPPK Boleh Ikut Seleksi CPNS 2024 Tanpa Harus Mengundurkan Diri, Cek di Sini Syaratnya

Pihak Peruri juga memastikan bahwa kuota e-materai tidak akan hilang jika pengguna mengalami kendala, seperti gagal pembubuhan e-meterai atau kuota tidak bertambah saat pembelian.

Berikut ini cara mengatasi e-materai eror

– Keluar dari portal e-meterai dengan melakukan logout

– Login kembali dan cek dokumen yang gagal dibubuhkan melalui riwayat pembubuhan jika status pembubuhan berhasil meterai berhasil dibubuhkan.
– Namun jika status “refund” maka bisa segera dilaporkan untuk pelaporan, lakukan tangkapan layar pada riwayat pembubuhan dan bukti transaksi

– Hubungi nomor WhatsApp atau e-mail Service Center yang tertera pada portal e-meterai.co.id

– Customer service akan mengarahakn untuk menisi data yang dibutuhkan untuk refung atau pengembalian kuota

– Setelah mengisi data diri, customer service akan membuatkan tiket pelaporan yang akan diteruskan ke tim terkait

– Setelah diinfokan kembali kuota e-materai, Anda bisa melakukan pengecekan di platform dengan login ke akun e-Meterai terlabih dahulu.

Anda juga bisa melakukan pelaporan kendala pembelian e-meterai melalui link berikut ini.



Pos terkait