Cegah Kenakalan Remaja di Kotim, Satpol PP Bikin Program Pacar Genit  

MPLS
SOSIALISASI: Anggota Satpol PP Kotim yang ditugaskan sebagai pemateri Mega Octaviaji saat melakukan sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di acara MPLS SDN 4 Ketapang, Selasa (16/7/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 4 Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tahun ini diisi dengan kegiatan yang menarik dan edukatif.

Salah satu program unggulan dalam MPLS kali ini adalah sosialisasi pencegahan kenakalan remaja melalui inovasi Pacar Genit (Praja Ciptakan Anak Remaja Generasi Tertib) yang dibentuk oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kotim.

Bacaan Lainnya

Kasatpol PP Kotim M. Fuad Sidiq mengatakan,  Pacar Genit bertujuan mengedukasi siswa tentang pentingnya mencegah kenakalan remaja dan menjaga ketertiban di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Program ini merupakan respon terhadap meningkatnya pelanggaran yang dilakukan oleh remaja, khususnya pelajar di wilayah Kotim. Dengan memberikan edukasi sejak dini, diharapkan tingkat pelanggaran dapat ditekan dan siswa dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib,” ujar Fuad.

Baca Juga :  Digitalisasi Pasar Modal Mudahkan Investor Milenial dan Gen Z

Pada kegiatan itu anggota satpol PP setempat yang ditugaskan sebagai pemateri Mega Octaviaji, memberikan pengarahan tentang pencegahan kenakalan remaja.

Karena kegiatan sosialisasi dilakukan di lingkungan sekolah dasar, sehingga materi pencegahan kenakalan remaja difokuskan pada pencegahan bullying dan pelecehan seksual.

“Materi yang kami sampaikan disesuaikan dengan usia anak-anak SD, kami menekankan pada stop bullying dan stop pelecehan seksual. Mereka juga kami ajak nyanyi-nyanyi bersama supaya lebih mudah dipahami oleh adik-adik di sekolah,” kata Mega.

Selain memberikan pengetahuan, sosialisasi ini juga mengajak siswa untuk lebih aktif dan partisipatif. Melalui nyanyian dan kegiatan interaktif, diharapkan pesan-pesan positif dapat lebih mudah diserap oleh siswa.

Kepala SDN 4 Ketapang Nursinah menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Satpol PP Kotim.

Dirinya menilai edukasi pencegahan kenakalan remaja sangat penting, apalagi di tengah perkembangan zaman seperti saat ini.

“Kami sangat mendukung inovasi seperti Pacar Genit ini. Edukasi pencegahan kenakalan remaja sangat penting untuk membentuk karakter anak-anak sejak dini. Semoga melalui kegiatan ini, siswa-siswa kami dapat tumbuh menjadi generasi yang tertib dan berprestasi,” harapnya.



Pos terkait