Ciri-ciri Orang Haus Validasi dan Krisis Identitas karena Kecanduan Media Sosial

sosmed
Ilustrasi orang yang FOMO. (Freepik/wayhomestudio)

Radarsampit.com – Masyarakat modern yang hidup saat ini hampir tidak bisa lepas dari gadget, internet, dan media sosial. Bahkan tidak sedikit orang yang menghabiskan sebagian banyak waktunya untuk bermain media sosial.

Kecenderungan seseorang yang sering menghabiskan banyak waktu di media sosial dapat mengungkapkan banyak hal tentang sifat kepribadiannya. Dilansir dari laman Ideapod, Kamis (15/8/2024), berikut delapan ciri-ciri umum yang biasanya mereka miliki.

Bacaan Lainnya
  1. Keinginan untuk terhubung

Media sosial adalah tentang koneksi, ini adalah jembatan digital yang menghubungkan kita dengan teman, keluarga, dan bahkan orang asing di seluruh dunia. Namun, ada batasan tipis antara tetap terhubung dan menjadi terlalu terhubung.

Orang-orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial seringkali didorong oleh keinginan kuat untuk terhubung. Mereka terus memeriksa feed mereka, terobsesi dengan like dan komentar, serta mengunggah konten agar dapat dilihat oleh seluruh dunia.

  1. Kecenderungan menunda-nunda
Baca Juga :  Disdik Palangka Raya Ingatkan Peserta Didik dan Guru Agar Bijak Bermedia Sosial

Orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial seringkali punya bakat untuk menunda-nunda. Mereka ahli dalam mencari gangguan dan menghindari tanggung jawab, dan media sosial menyediakan platform yang sempurna untuk ini.

Saat dihadapkan dengan deadline, alih-alih mengatasinya dengan segera, mereka malah mendapati dirinya tanpa sadar menelusuri Facebook, Instagram, dan bahkan LinkedIn. Mereka menggunakannya sebagai pelarian hingga tak menyadari jika waktu telah banyak berlalu.

  1. Takut ketinggalan (FOMO)

Media sosial bagaikan jendela dunia, media sosial membuat kita selalu mengetahui kejadian, trend, dan acara terkini. Namun, media sosial juga dapat menimbulkan rasa takut ketinggalan atau FOMO.

Orang-orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial seringkali menderita FOMO. Mereka terus-menerus khawatir akan kehilangan informasi penting, trend viral, atau acara menarik yang terjadi di lingkungan sosial mereka.

  1. Keinginan terus-menerus untuk hal baru

Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di media sosial seringkali memiliki keinginan terus-menerus untuk hal-hal baru. Mereka menyukai kesegaran informasi baru, sensasi menemukan sesuatu yang unik, dan aliran dopamin yang menyertainya.



Pos terkait