Curhatan Tenaga Pendidik yang Tugas di Pelosok

Terkendala Internet, Listrik Sering Padam, hingga Jalan Rusak  

Guru Pedalaman
SOSIALISASI: Bupati Kotim Halikinnor sampaikan beberapa poin penting dalam sosialisasi Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2023 tentang pedoman pengelolaan dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) bagi jenjang sekolah dasar di Werra Hotel Resort Sampit, Kamis (27/6/2024). (HENY/RADAR SAMPIT) 

Ia sudah mempertanyakan hal itu, dan ia bingung dengan alasan yang kurang masuk akal. “Ada syarat untuk menerima TKG harus desa terpencil, pihak desa  yang mengisi data itu menulis Desa Satiruk sudah menjadi desa maju, padahal faktanya kan belum. Karena, data yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan ini berdampak terhadap hilangnya rezeki kami,” ucapnya seraya menyebut nilai TKG yang diterimanya sama seperti sebulan gaji.

Lebih lanjut, Juwarsih mengatakan masalah listrik yang sering mati di Kecamatan Pulau Hanaut juga menjadi kendala yang berimbas terhadap kinerja.

Bacaan Lainnya

“Sering sekali di Pulau Hanaut itu mati listrik. Seminggu bisa 3-4 kali mati. Kalau ada satu desa di Pulau Hanaut mati listrik, semua desa juga ikut mati listrik, ini yang kadang bisa menghambat pekerjaan,” ujarnya.

Tenaga pendidik yang juga mengajar di SDN 1 Satiruk lainnya juga menyampaikan kendala yang dihadapi terkait sinyal jaringan internet.

Baca Juga :  Heboh Video Mesum Warga Kotim, Ini yang Dilakukan Polisi

”Jaringan internet di Satiruk sebenarnya lancar saja karena sudah ada tower, tapi yang jadi masalah, kalau listrik padam, sinyalnya ikut juga terganggu akhirnya imbasnya pelaporan e-personal dan e-kinerja menjadi terkendala,” ucap pria yang tak diketahui namanya ini.

Ungkapan yang sama juga disampaikan tenaga pendidik yang bertugas di Kecamatan Bukit Santuai. Dari 14 desa, ada beberapa yang masih mengalami kendala sinyal jaringan.

“Alhamdulillah saya diminta maju menghadap pian. Jarang-jarang saya bisa bertemu Pak Bupati behadapan langsung seperti ini. Mohon izin saya sampaikan terkait pelaporan e-kinerja aman tidak ada kendala. Tapi, e-personal ini yang masih ada kendala. Dari 14 desa ada beberapa yang sulit sinyal. Memang masih bisa online tapi mencari titik koordinatnya juga kesulitan,” ujarnya.

Lima tenaga pendidik yang dipanggil ke atas panggung ini mewakili jeritan hati yang sama dari 370 tenaga guru yang hadir dalam pertemuan sosialisasi Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) bagi Jenjang Sekolah Dasar di Werra Resort Sampit, Kamis (27/6/2024).



Pos terkait