DAD Kotim Gelar Evaluasi dan Konsolidasi Tugas dan Fungsi

dad kotim
PERTEMUAN: Kegiatan Evaluasi dan Konsolidasi Tugas dan Fungsi Damang, Mantir, dan Batamad serta Kewenangan DAD di tingkat Kabupaten dan Kecamatan, di Pulau Hanaut, Minggu (8/9).

Melalui kegiatan evaluasi dan konsolidasi ini, diharapkan dapat menghasilkan rumusan yang baik, strategis, dan komprehensif yang dapat menjadi dasar acuan bagi DAD, damang, mantir, dan batamad dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Mari kita rapatkan barisan untuk bersatu padu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan tanggung jawab kita, dengan membangun kesadaran untuk membawa Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai ‘huma betang’ dan ‘rumah kita bersama’, agar mencapai kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan secara material dan spiritual,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Halikinnor juga mengingatkan pentingnya peran damang kepala adat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lingkungan masyarakat.

“Dewan Adat Dayak Kecamatan Pulau Hanaut harus terus memberikan dukungan, arahan, dan fasilitasi terhadap peran penting dari para damang kepala adat,” pesannya.

Dengan berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang Kelembagaan Adat Dayak di Kabupaten Kotawaringin Timur, diharapkan dapat bersinergi dengan baik agar jangan sampai peran dan tanggung jawab dari Damang Kepala Adat disalahgunakan atau disalahartikan oleh diri sendiri maupun oleh pihak-pihak lainnya yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Agustiar Ajak Masyarakat Sukseskan Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Melalui evaluasi dan konsolidasi ini, peran kelembagaan adat dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban berbasis kearifan lokal dalam mewujudkan jati diri, harkat, dan martabat masyarakat Dayak melalui “Belom Bahadat” berdasarkan falsafah “Betang” dalam bingkai NKRI, semakin baik dan semakin berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat adat Dayak.

“Dengan memperhatikan visi Kabupaten Kotawaringin Timur ke depan, yakni ‘Kreativitas Tanpa Batas untuk Kotim Hebat’, mari kita wujudkan visi dan misi tersebut dengan mempersatukan kebersamaan kita, tekad kita untuk memilih pemimpin yang bijaksana dan peduli terhadap pembangunan di wilayah kita, khususnya wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur yang kita cintai ini. Bersatu padu untuk membangun Kabupaten Kotawaringin Timur ke depan untuk lebih maju dan sejahtera,” tuturnya. (yn/yit) 



Pos terkait