Dampak Kunjungan Presiden ke Kalteng, Berkelanjutan atau Hanya Sementara?

Pantau Harga, Pastikan Penyangga Pangan, hingga Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Jokowi di Sampit
BAGI KAOS: Presiden Jokowi membagikan kaos saat kunjungan kerja ke Kota Sampit, Rabu (26/6/2024). (Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, menyedot perhatian sebagian besar masyarakat. Di balik keriuhan dan gegap gempita penyambutan, kedatangan RI 1 berdampak positif terhadap pembangunan daerah secara berkelanjutan.

Setelah mendarat di Bandara Haji Asan Sampit menggunakan helikopter, Rabu (26/6/2024), Jokowi bersama rombongan langsung meluncur ke Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit. Presiden ingin memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di Kotim.

Bacaan Lainnya

”Saya lihat sangat baik. Harga-harga baik. Tadi bawang merah Rp40 ribu/kg, bawang putih Rp40 ribu, ayam Rp38 ribu. Ya, sama dengan di Jawa. Bagus. Yang saya lihat tadi bagus. Cabai juga tadi Rp45/kg. Cabai rawit juga bagus. Sama seperti di Jawa. Bagus,” ujarnya.

Presiden juga memastikan distribusi bahan pangan dari Jawa ke Kalimantan berjalan lancar. Hal tersebut tercermin dari stabilnya harga bahan pokok di Kotim, meskipun bahannya dipasok dari Jawa.

Baca Juga :  Polres Lamandau Amankan Pengecer BBM Lintas Provinsi

”Tadi saya lihat faktanya di pasar, harganya masih sama seperti di Jawa. Artinya, pasokan, distribusi, transportasi itu lancar. Saya tadi ngecek untuk itu. Saya juga kaget, ternyata harganya hampir sama,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kepada sejumlah pedagang pasar. Ruslan, salah seorang pedagang ayam, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diterima.

”Alhamdulillah. Senang sekali bisa melihat langsung Pak Jokowi. Tadi juga diberi bantuan,” ucapnya, sambil memegang amplop putih bertuliskan bantuan kemasyarakatan Presiden Joko Widodo.

Bantuan senilai Rp1,2 juta itu, kata Ruslan, akan digunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Dia juga mendoakan orang nomor satu di Republik Indonesia itu diberikan kesehatan, keselamatan, dan umur panjang.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan di pasar, yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran,  Bupati Kotim Halikinnor, dan Wakil Bupati Kotim Irawati.



Pos terkait