Debat Kandidat Harus jadi Ajang Uji Kecakapan Calon Kepala Daerah

ilustrasi pilkada 2024
Ilustrasi Pilkada

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng menyatakan kesiapannya menghadapi debat kandidat.

Salah satu tahapan pilkada itu akan jadi ajang menguji kemampuan dan kecakapan paslon menghadapi dan memberikan solusi berbagai persoalan di Kalteng.

Bacaan Lainnya

Empat paslon Pilkada Kalteng, yakni Willy M Yoseph-Habib Ismail, Nadalsyah-Supian Hadi, Agustiar Sabran-Edy Pratowo, dan Abdul Razak-Sri Suwanto, akan menjalani debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kalteng hari ini, Senin (14/10).

Waktu yang diberikan selama 120 menit. Dibagi menjadi enam segmen yang diselenggarakan di salah satu hotel di Palangka Raya. Diharapkan debat tersebut dapat membantu masyarakat menentukan pilihannya pada Pilgub Kalteng 2024.

Pada sesi pertama, akan diisi dengan pembukaan, dilanjutkan pembacaan tata tertib, dan penyampaian visi, misi, dan program. Pada sesi kedua dan ketiga akan fokus pada pendalaman visi, misi, dan program oleh moderator.

Baca Juga :  Pilkada Minim Isu Lingkungan, Rawan Lahirkan 'The Slow Killer'

Selanjutnya, sesi keempat dan kelima, akan didedikasikan untuk tanya jawab dan sanggahan antarpaslon. Debat diakhiri dengan segmen penutup.

Adapun moderator yang akan memandu, yakni Regina Valeria Putri, presenter TVRI. Jajaran panelis, yakni Tresia Kristiana, Fitria Husnatarina, Itsla Yunisva, Muhammad Jenalinai, Agus Satrya Wibowo, dan Aviva.

Debat pertama akan mengangkat tema meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah melalui ekonomi berkeadilan dan berkelanjutan.

Ketua KPU kalteng Sastriadi optimistis debat tersebut berjalan lancar dan menjadi ajang yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Tahapan itu diharapkan dapat jadi acuan warga dalam menentukan pilihan pada 27 November mendatang.

Sementara itu, Willy M Yoseph menyatakan kesiapannya menghadapi debat dan akan secara lugas menyampaikan visi dan misi untuk Kalteng, yakni integritas, amanah, religiusitas, optimisme, nasionalisme, dan kemampuan untuk menyejahterakan masyarakat.

”Kami sudah melakukan berbagai persiapan,” kata paslon nomor urut 1 ini.

Paslon nomor urut 2, Nadalsyah, juga menegaskan kesiapannya mengikuti debat. Dia akan menyampaikan berbagai visi dan misi untuk Kalteng hebat dari berbagai segi. Mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.



Pos terkait