Delapan Desa di Pulang Pisau Naik Level dari Desa Maju jadi Desa Mandiri

herman wibowo
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau, Herman Wibowo. (Antara)

PULANG PISAU, radarsampit.com – Delapan desa di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dinyatakan naik level dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri. Hal tersebut diharapkan memotivasi desa lainnya agar mengikuti langkah yang sama.

”Diperlukan upaya dan strategi untuk mendorong desa yang masuk ketegori maju menjadi desa mandiri. Data terakhir dari tahun 2022, desa maju telah mencapai 52 desa dan desa berkembang ada 41,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau, Herman Wibowo, Selasa (18/6/2024).

Bacaan Lainnya

Delapan Desa yang naik level menjadi desa mandiri, yakni Desa Tuwung, Desa Maliku Baru, Desa Tahai Jaya, Desa Talio Muara, Desa Bawan, Desa Bahaur Hilir, Mentaren, dan Desa Pangkoh Hilir.

Herman berharap desa lain tetap semangat dan tak menyerah. Semangat membangun desa harus terus dipupuk, terutama bagi kepala desa.

Baca Juga :  Gerebek Penjual Miras Oplosan, Polisi Temukan Ribuan Botol Siap Edar

Herman juga mengapresiasi desa yang telah memenuhi indikator dari IDM yang ditetapkan Kemendes. Indikator itu diisi desa sesuai dengan kondisi wilayahnya.

”Kita berharap dengan status desa IDM tadi desa lebih terpacu lagi untuk membangun desanya. Kemudian, terkait laporan penyelengaraan pemerintah daerah ini akan menjadi nilai tambah bagi Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam hal pembinaan desa, karena tahun 2024 ada Desa Mandiri di Pulang Pisau,” jelasnya. (dn/ign)



Pos terkait