Dibalik Kematian Warga Desa Sumber Makmur yang Meninggal Bunuh Diri 

Sudah Berbekal Pakaian Khusus, Berpesan ke Anak Pamit Pulang

bunuh diri minum racun
BUNUH DIRI: Matius yang ditemukan kejang-kejang usai minum racun tanaman di dekat pusara mendiang istrinya, Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara,  Rabu (24/1/2024). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Matius dulunya bekerja sebagai petani menggarap lahan. Hal itu sudah tidak ia lakukan setelah asmanya sering kambuh. ”Korban juga pernah jualan es di Bagendang. Kadang bantu di bengkel usaha menantunya,” ujarnya.

Agus (32), menantu korban mengatakan, tak ada kecurigaan ataupun kekhawatiran terhadap mertuanya. ”Memang seminggu yang lalu ada pesan (berbicara) mau pulang. Pakaian putih lengkap dengan jas hitam serta celana hitam sudah disiapkan bapak, tapi kami sebagai keluarga tidak menyangka bapak bisa senekat itu meminum racun,” ujar Agus.

Bacaan Lainnya

Saat dihubungi Radar Sampit, Agus juga baru saja memakamkan mertuanya di kuburan yang berdekatan dengan kuburan istri almarhum.

”Baru jam 09.30 WIB tadi dimakamkan. Ini saya baru saja istirahat, setelah sibuk mengurus pemakaman,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Kotim AKBP Sarpani melalui Kasat Reskrim Polres Kotim AKP Besrom Purba mengatakan, kejadian tersebut telah ditangani Polsek Sei Sampit.

Baca Juga :  Polres Kotim Tangkap 188 Tersangka, Amankan 2 Kilogram Sabu

“Hasil analisa kami terhadap korban, kemungkinan karena sudah putus asa dengan riwayat penyakit asma yang dideritanya selama ini tidak sembuh-sembuh,” kata Besrom Purba.

Analisa itu diperkuat dari keterangan anak korban, bahwa korban mempunyai riwayat penyakit asma dan tidak ada permasalahan selama hidup. Baik dengan keluarga ataupun masyarakat sekitar.

“Untuk motif korban melakukan bunuh diri belum di ketahui pihak keluarga. Korban sempat dilarikan ke rumah dan dinyatakan meninggal jam 14.30 WIB,” katanya.

Hasil pemeriksaan tenaga medis juga membuktikan korban mengalami keracunan. ”Pihak keluarga telah membuat surat pernyataan tetang kematian, bahwa korban benar-benar murni meninggal akibat bunuh diri dengan minum racun dan tidak akan menuntut ke jalur manapun atas kematian orang tuanya,” katanya. (***/ign)



Pos terkait