Diduga Korsleting Listrik, Kos Delapan Pintu di Palangka Raya Luluh Lantak

Kebakaran Kos
UPAYA PEMADAMAN: Petugas pemadam berupaya memadamkan api yang membakar sebuah kos delapan pindu di Jalan G Obos Palangka Raya, Jumat (9/8/2024). (DODI/RADAR SAMPIT)

Sucipto menuturkan, penggunaan alat berkualitas juga penting. Artinya, memilih perangkat dan kabel listrik yang berkualitas tinggi dan bersertifikat. Hal penting lainnya, padamkan perangkat listrik dan cabut dari soket ketika tidak digunakan, terutama jika meninggalkan rumah atau pergi tidur.

”Perlu juga pemasangan alat pengaman, berupa perangkat pengaman seperti pemutus sirkuit (MCB) atau alat pemutus arus (RCD) yang dapat memutus aliran listrik saat terdeteksi adanya gangguan. Hindari penyimpanan bahan mudah terbakar, jauhkan bahan-bahan yang mudah terbakar dari sumber listrik dan perangkat yang menghasilkan panas,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dia juga meminta warga mewaspadai tanda-tanda masalah, yakni bau terbakar, percikan api, atau kepanasan pada kabel dan soket. ”Jika terjadi, segera matikan aliran listrik dan hubungi teknisi. Hal penting juga, sediakan alat pemadam api, sebab miliki alat pemadam api di tempat yang mudah diakses dan pastikan semua anggota keluarga tahu cara menggunakannya,” katanya. (daq/ign)



Baca Juga :  Kerugian Capai Setengah Miliar Lebih

Pos terkait