Digerebek Polisi, Pabrik Ekstasi Rumahan sudah Beroperasi Dua Bulan

ilustrasi ekstasi
Ilustrasi

Radarsampit.com – Sebuah rumah yang diduga merupakan pabrik ekstasi rumahan yang beroperasi di kawasan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, berhasil diungkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel, Jumat (19/7/2024) tadi.

Pabrik ekstasi rumahan ini terungkap setelah adanya laporan dari masyarakat yang curiga terhadap adanya aktivitas mencurigakan di rumah tersebut.

Bacaan Lainnya

Benar saja, saat Subdit II Ditresnarkoba Polda Kalsel datang ke lokasi, ditemukan barang bukti berupa serbuk coklat yang diduga narkotika.

Barang bukti tersebut didapat dari tangan Ricky Candra Saputra alias Iki (30) yang diduga merupakan pengelola pabrik ekstasi rumahan tersebut.

Selain itu, juga ditemukan serbuk dengan berat kotor 1,45 gram dan berat bersih 1,29 gram. Polisi juga menemukan bahan kimia dan peralatan produksi ekstasi.

Diantaranya, serbuk caffein, cairan ethanol 96 persen, fornidin, amonia klorida, soda api, serta berbagai alat produksi seperti kompor listrik, mesin pengaduk, pipet kaca, dan alat cetak pil.

Baca Juga :  Panik Saat Ada Razia Polisi, Toto Alfianto Ketahuan Bawa Sabu

“Semua barang bukti ini digunakan dalam proses pembuatan ekstasi,” terang Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Kelana Jaya.

Dari keterangan pelaku, produksi pil haram ini sudah sekitar dua bulan. Dan ada sekitar 200 butir yang berhasil dia olah dan diedarkan. “Dari pengakuan pelaku, dia dikendalikan seseorang,” ungkap Kelana.

Memastikan kandungan pil ekstasi, Polda Kalsel mengirim sampel ke Labfor di Jatim. Hasilnya, pil tersebut mengandung Methcatinone dan Efedrin. “Pelaku dijerat dengan pasal 113 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1). Juga, Pasal 129 huruf (a) dan/atau huruf (b) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” paparnya. (mof/jpc)



Pos terkait