Dilema Perbaikan Akses Perekonomian di Gunung Mas

Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya segera Ditangani, Angkutan Berat Masih Melintas

jalan gunung mas
ANTREAN MENGULAR: Kondisi ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang rusak, sehingga mengakibatkan antrean panjang kendaraan, pekan lalu. (ARHAM SAID/RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan memperbaiki kerusakan jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, khususnya yang melintasi wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Perbaikan tak bakal mudah, mengingat jalur itu masih dilintasi angkutan perusahaan melebihi tonase.

”Ketika melewati jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, saya melihat ada banyak kerusakan jalan, dan ini harus betul-betul dibenahi tahun 2024,” kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Jumat (21/6/2024).

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, jalan Kuala Kurun-Palangka Raya merupakan kewenangan Pemprov Kalteng dan sangat vital, karena dilewati berbagai kepentingan umum dan menjadi akses perekonomian masyarakat. Tentu akan menjadi perhatian bersama.

”Perbaikan ruas jalan ini merupakan salah satu yang prioritas. Untuk itu, sudah saya perintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng untuk segera melakukan langkah-langkah perbaikan,” tegasnya.

Edy menambahkan, tak semua ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya rusak dan berlubang. Ada beberapa titik tertentu, seperti jalan tanjakan dan turunan. Hal itu yang menjadi perhatian.

Baca Juga :  Pers dan Kepolisian Bersama Ciptakan Kamtibmas

”Jalan yang berlubang ini yang harus segera diatasi terlebih dahulu, sehingga jalan dapat fungsional dengan baik,” katanya.

Menurut Edy, penyelesaian perbaikan jalan Kuala Kurun-Palangka Raya tak akan mudah. Pasalnya, masih dilewati truk angkutan perusahaan besar swasta (PBS) kelapa sawit yang membawa hasil sumber daya alam dengan melebihi tonase.

”Kami akan melihat bagaimana mekanismenya di lapangan terkait perbaikan ruas jalan ini, karena dilewati oleh angkutan PBS,” katanya. (arm/ign)



Pos terkait