Dorong UMKM Berkembang, Kenalkan Strategi Pemasaran Modern

umkm
SOSIALISASI: Mahasiswa UGM dan masyarakat Desa Sumber Mulya foto bersama usai sosialisasi tips pemasaran UMKM. (Istimewa)

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang melakukan KKN di Kabupaten Kapuas, berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumber Mulya, Kapuas Murung. Hal itu dilakukan dengan menginisiasi kegiatan sosialisasi mengenai strategi pemasaran digital, desain logo, dan desain kemasan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

”Kegiatan ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam meningkatkan sumber daya ekonomi dan menciptakan peluang kerja yang layak bagi masyarakat,” kata Salma, mahasiswa UGM  yang melaksanakan KKN, Sabtu (10/8/2025).

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, UMKM di Desa Sumber Mulya memiliki potensi besar, dengan produk unggulan seperti manisan melon, keripik singkong, keripik pisang, dan kerajinan tangan dari purun. Namun, untuk dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif, UMKM memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemasaran modern.

Baca Juga :  Relawan Damkar Kuala Kapuas Kena Prank Laporan Palsu

Menurutnya, masyarakat Desa Sumber Mulya antusias terhadap pengembangan UMKM. Hal itu terlihat dari partisipasi aktif ibu-ibu PKK, petani, dan peternak dalam sosialisasi tersebut.

”Saya baru tahu banyak tentang pentingnya branding dan pemasaran digital untuk UMKM. Saya akan coba terapkan ilmu yang saya dapat untuk mengembangkan usaha manisan melon saya,” ujar Yuni, Ketua BUMDes dan pemilik manisan melon.

Yuni menilai, sosialisasi yang dilakukan tim KKN UGM Kapuas Bumantara merupakan langkah yang sangat positif dalam upaya memberdayakan UMKM di Desa Sumber Mulya. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan baru, diharapkan UMKM lokal dapat meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, dan akhirnya meningkatkan pendapatan.

”Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan di desa-desa lain, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (rm-107/ign)



Pos terkait