DPKP Datangkan Hasil Panen Petani untuk Dijual dengan Harga Terjangkau

DPKP Kotim
PANGAN MURAH: Gerakan Pangan Murah dan Pasar Tani yang digelar di halaman Kantor DPKP Kotim Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (16/8/2024) pagi. (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah dengan mendatangkan produsen dan petani secara langsung di kantor instansi tersebut di Jalan Jenderal Sudirman.

”Sebenarnya dulu setiap Jumat pagi kami memberikan wadah lapak untuk para petani menjual hasil panennya di kantor. Kegiatan sempat ditiadakan dan sekarang kembali diadakan lagi. Insya Allah, setiap Jumat pagi kami akan mengadakan Pasar Tani di halaman kantor,” kata Sepnita, Kepala DPKP Kotim, Jumat (16/8/2024).

Bacaan Lainnya

Gerakan Pangan Murah dan Pasar Tani ini diselenggarakan sebagai upaya Pemkab Kotim mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga pangan di Kotim.

”Melalui kegiatan ini, kami harapkan dapat mengendalikan inflasi. Sampit menjadi salah satu daerah titik pantau inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Sepnita.

Sepnita juga memastikan sejumlah komoditas pangan yang disediakan dijual dengan harga terjangkau.

Baca Juga :  Truk Ugal-ugalan Melintas di Jalan Bakal Ditertibkan

”Komoditas yang disediakan didatangkan langsung dari produsen dan hasil panen petani, sehingga harga jualnya lebih terjangkau dibandingkan harga di pasaran. Bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan harga yang terjangkau, bisa datang langsung ke halaman kantor DPKP Kotim setiap Jumat pagi,” ujarnya.

Sekretaris DPKP Kotim Permata Fitri mengatakan, dalam kegiatan itu, Pemkab Kotim hanya memfasilitasi kelompok tani dengan menyediakan lapak untuk berjualan tanpa memberikan subsidi.

”Gerakan Pangan Murah kali ini tidak ada subsidi dari  pemerintah daerah, tetapi kami hanya mendatangkan produsen dan kelompok tani untuk menyediakan wadah lapak untuk para petani menjual hasil panennya dengan harga lebih murah,” kata Permata Fitri.

Adapun komoditas yang disediakan, bawang merah sebanyak 60 kg dijual seharga Rp20 ribu per kg, bawang putih sebanyak 40 kg seharga Rp35 per kg, gula sebanyak 150 kg seharga Rp16.500 per kg, beras sebanyak 1 ton seharga Rp60 ribu per 5 kg, dan minyak goreng disediakan 300 liter seharga Rp14.500 per liter.



Pos terkait