DPKUKMP Palangka Raya Konsisten Gelar Pasar Murah

Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok untuk Masyarakat

disperindag palangka raya
ATASI INFLASI: Pemkot Palangka Raya melalui DPKUKMP setempat, berkomitmen terus menggelar pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok bagi masyarakat. (DOK.DODI RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat, terus berkomitmen menjaga daya beli masyarakat terhadap bahan kebutuhan pokok.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya Samsul Rizal mengatakan, langkah konkret dilaksanakan melalui  kegiatan pasar murah kepada masyarakat Palangka Raya. Baik menjual bahan pangan, maupun gas elpiji 3 bersubsudi 3 kilogram.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, program pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Palangka Raya terhadap masyarakat dalam memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga murah.

”Ini langkah  untuk terus mendorong terwujudnya ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat serta menjaga inflasi tetap rendah,  apalagi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Nataru 2024,’ujar Samsul Rizal, kemarin.

Ia melanjutkan, pihaknya bersama stakeholder terkait dalam menjaga stabilitas harga sangat penting untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Serikat Pekerja Siap Sukseskan Pemilu

Beberapa langkah yang biasanya diambil meliputi pengawasan pasar, yakni  memantau harga barang dan kebutuhan pokok secara berkala untuk mencegah fluktuasi yang ekstrem.

Kemudian lanjut Samsul Rizal, kerjasama dengan pihak terkait, dengan produsen, distributor, dan pedagang untuk menjaga rantai pasokan yang efisien.

Juga melakukan intervensi harga jika diperlukan. Menurutnya Perindag bisa melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga dengan cara mengeluarkan stok cadangan atau memberikan subsidi.

Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi masyarakat dengan memberikan informasi tentang harga dan produk di pasar untuk mengurangi spekulasi.

“Banyak hal kami lakukan. Termasuk pengaturan kebijakan berupa mengeluarkan regulasi yang mendukung kestabilan harga,” tukasnya.

Samsul Rizal menambahkan, pasar murah adalah salah satu langkah efektif untuk membantu masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, membantu menekan inflasi dan menjaga kestabilan harga bahan pokok.



Pos terkait