DPR Pelototi Potensi Kebocoran Tambahan Kuota Haji Khusus

haji 1
Jemaah haji memenuhi Padang Arafah untuk wukuf. (Media Center Haji 2023)

Di bagian lain, Kemenag masih belum merespon soal polemik alokasi jumbo untuk haji khusus. Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Jaja Jaelani merespon sedikit menganai pembagian kuota itu. “Kami masih fokus melayani jemaah di puncak haji. Setelah puncak siap (memberikan penjelasan),” katanya.

Sementara itu Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan tahun depan Indonesia kembali mendapatkan kuota haji sebanyak 221 ribu kursi. Kuota ini sama dengan kuota pokok, tidak termasuk tambahan, haji tahun ini. Terkait apakah Indonesia kembali mendapatkan kuota tambahan, bakal dikaji lebih lanjut oleh Saudi.

Bacaan Lainnya

”Kita mengapresiasi Kemenhaj Saudi yang kembali mengumumkan kuota lebih awal. Sehingga proses persiapan penyelenggaraan haji juga bisa dilakukan lebih cepat,” kata Yaqut.

Lebih lanjut dia menyampaikan beberapa aspek positif atau kesuksesan haji tahun ini. Diantaranya adalah, pelayanan jemaah pada fase kedatangan berjalan lancar. Kemudian kuota jemaah haji reguler sebanyak 213.320 jemaah terserap optimal, hanya menyisakan 45 jemaah yang tidak bisa digantikan karena proses pemvisaan sudah ditutup.

Baca Juga :  Belum Mencapai Puncak, Suhu di Makkah Tembus 40 Derajat Celcius

Dia kemudian menyampaikan beberapa dinamika haji tahun ini. Seperti kepadatan jemaah di tenda di Mina. Dengan kuota haji reguler 213.320 orang, setiap orang mendapatkan space hanya 0,8 meter persegi di dalam tenda. Sehingga muncul keluhan jemaah umpel-umpelan beradu kaki dan kepala saat mabit di Mina.

“Mina dari dulu seperti itu. Sejak kuota kembali normal pada 2017, isunya selalu soal kepadatan. Sehingga, menerima tambahan kuota selalu menjadi berkah sekaligus tantangan,” katanya.

Yaqut mengatakan pemerintah segera menggelar evaluasi atas penyelenggaraan haji tahun ini. Sejumlah catatan akan menjadi bahan perbaikan untuk musim haji mendatang. Pemerintah Indonesia akan tetap mengupayakan kuota tambahan untuk memangkas panjangnya antrian haji.

Di media sosial beredar video jenazah jamaah haji yang terlantar. Ada terlentang di trotoar. Ada pula yang duduk di kursi roda dan ditutupi mukanya. Narasinya adalah jamaah haji yang meninggal karena cuaca panas di Arab dan mereka terlantar.



Pos terkait