Dua Puskesmas di Kobar Terima Bantuan Ambulans Air

Ambulans Air
BANTUAN PEMERINTAH: Ambulan air Puskesmas Mendawai saat sandar di dermaga Balakar Huma Singgah Itah Mendawai, Kamis (27/6/2024). (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah menyalurkan 2 unit ambulans air kepada 2 puskesmas di Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai, melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ambulan air berupa armada speed boat  dilengkapi dengan sarana dan prasarana kesehatan tersebut diperuntukkan untuk tindakan kedaruratan di wilayah yang sulit dijangkau.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, banyak desa-desa di Kecamatan Kumai  hanya bisa ditempuh melalui transportasi air, sehingga sangat kesulitan ketika ada evakuasi warga yang membutuhkan pertolongan medis. Salah satunya di Desa Sungai Cabang yang hingga saat ini masih terisolasi.

Begitu pula warga yang berada di permukiman bantaran Sungai Arut, selama ini dalam kondisi kedaruratan mereka mengevakuasi warga ke rumah sakit dengan perahu getek,  kemudian baru di jemput menggunakan mobil ambulans menuju Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga :  Loka POM Kobar Temukan Ribuan Produk Salahi Aturan

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar Warsito mengatakan, 2 ambulan air tersebut pengadaannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

“Untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, dua unit ambulan air yaitu untuk Puskesmas Teluk Bogam, Kecamatan Kumai dan untuk Puskesmas Mendawai di Kecamatan Arut Selatan,” ungkapnya, Jumat (28/6/2024).

Lurah Mendawai Aswin Musani juga mengungkapkan, pengadaan dari Kementerian Kesehatan untuk ambulan air total di Indonesia ada 15 unit, dan 2 diantaranya diberikan untuk Kobar yaitu PKM Mendawai dan PKM Teluk Bogam.

“Namun melalui usulan anggaran baik untuk pemeliharaan, perawatan dan motorisnya oleh PKM Mendawai yang sudah berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” tandasnya. (tyo/gus)



Pos terkait