Dukung Antikorupsi, PLN UIP KLB Menerima Audit SMAP

Audit PLN
KOMITMEN ANTIKORUPSI : Rapat Pembukaan Audit Surveillance Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) PLN UIP KLB, 12 Oktober 2023. Dihadiri oleh General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), Lead Auditor TUV Nord beserta Senior Manager, Manager Sub Bidang dan Asisten Manager di UIP KLB. (Istimewa)

PONTIANAK, radarsampit.com – Memastikan sesuai dengan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melaksanakan Audit SMAP yang kedua, Kamis (12/10) di Kantor PLN UIP KLB.

Pada Audit Surveillance tersebut, rapat pembukaan dihadiri oleh General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin, Lead Auditor TUV Nord Jojok Widyharsojo, beserta seluruh Senior Manager, Manager dan Asisten Manager PLN UIP KLB.

Bacaan Lainnya

Audit ini dilakukan oleh lembaga TUV Nord bertujuan untuk memastikan kembali apakah suatu organisasi dalam hal ini PLN UIP KLB mempertahankan dan memelihara sistem yang sudah dibangun khususnya sesuai dengan standar SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Audit PLN
(Insert) Proses pelaksanaan wawancara dan pengecekan dokumen pada rangkaian Audit Surveillance Sistem Manajemen Anti Penyuapan di salah satu Bidang di PLN UIP Kalimantan Bagian Barat.

Lead Auditor TUV Nord, Jojok Widyharsojo, Jumat (13/10/2023), menyampaikan ada beberapa metodologi yang kami lakukan dalam meng-audit UIP KLB, diantaranya yaitu dengan teknik pengambilan sampel, tinjauan dokumen, demonstrasi, pengamatan, wawancara, pembekalan harian untuk auditee dan pengaturan waktu tentative.

Baca Juga :  PLN Jadi Perusahaan Utilitas Terbaik Se-Kawasan Asia Tenggara Versi Fortune 500

“Hari ini kita coba potret kembali sejauh mana implementasi SMAP di UIP KLB sesuai dengan pedoman petunjuk peraturan yang telah ditetapkan sebagai acuan dalam mengimplementasikan sistem,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin menyampaikan presentasi mengenai pengimplementasian SMAP secara garis besar di PLN UIP KLB.

“Komitmen konsistensi dan perbaikan kesinambungan implementasi SNI ISO 37001:2016 SMAP di PLN adalah jalan yang tak pernah berakhir. Sertifikasi bukanlah akhir perjalanannyam” ungkap Dahlan.

Kata dia, PLN UIP KLB tengah melaksanakan audit pada Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pada tahap Surveillance Audit yang ke-2. Pada tahun 2021 PLN UIP KLB sudah melalui tahap sertifikasi, setelah itu pada tahun 2022 telah melaksanakan Surveillance Audit yang pertama. Pada tahun depan atau di tahun 2024, PLN UIP KLB akan melakukan re-sertifikasi.



Pos terkait