Evakuasi Sarang Tawon Pengancam Nyawa Warga Palangka Raya

Memakan Waktu 1 Jam dan Harus Dilakukan Malam Hari

Tawon Vespa
BERBAHAYA: Tim penyelamat Damkar Palangka Raya saat mengevakuasi sarang Tawon Vespa dari atas atap  garasi sebuah rumah warga di Jalan  Mutiara, kawasan Jalan Tjilik Riwut kilometer 4, Palangka Raya, baru-baru tadi.

Diinformasikan pula, panjang tubuh Tawon Vespa berkisar antara 2 hingga 3 sentimeter, dengan tiga segmen perut berwarna merah kecoklatan-kuning-hitam.Ratunya memiliki ukuran sekitar 3 sentimeter, pejantan sekitar 2,6 sentimeter dan tawon pekerja sekitar 2,2-2,5 sentimeter.

Sebuah koloni dapat memiliki lebih dari satu ratu, menyebabkannya terus berkembang. Sarang mereka berbentuk oval menggantung seperti buah. Mereka sering membuat sarang di atas bangunan tinggi, di bawah atap, atau di alam liar seperti pohon, semak-semak, dan permukaan batu.

Bacaan Lainnya

Selain itu Tawon Vespa memperoleh makanan dari bunga-bunga, lebah, buah-buahan yang telah membusuk, hingga bangkai serangga yang baru mati. “ Jadi jika tidak berpengalaman, jangan melakukannya dalam penanganan evakuasi sarang Tawon Vespa ini,” tandas Sucipto. (daq/gus)

 

 



Baca Juga :  Mengaku Kaget, Disdik Kalteng Bakal Lakukan Ini pada Kepsek yang Ternyata Koruptor

Pos terkait