Hari Ini Kick Off Vaksinasi Anak Usia 6-11 Kobar

vaksinasi anak usia 6-11 tahun
VAKSINASI ANAK: Presiden Joko Widodo didampingi Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono meninjau langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun yang digelar di Kompleks SDN Cideng, Gambir, Jakarta, Rabu (15/12). (KEMDIKBUD/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah akan memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun secara resmi, Jumat (17/12) hari ini. Ada puluhan ribu sasaran vaksinasi yang menyasar pelajar TK dan SD sederajat itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Ahmad Rois mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun di Kobar akan menyasar anak TK dan SD di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Sesuai dengan hasil pendataan bahwa jumlah anak usia 6 sampai 11 tahun ada sekitar 29 ribu dan akan terus diupdate sampai tuntas untuk vaksinasinya,” kata Rois, Kamis (16/12)

Rois mengungkapkan bahwa vaksin yang digunakan adalah Sinovac yang akan diberikan dua kali dengan dengan interval 28 hari dari masing-masing dosis. “Untuk vaksinnya kita sudah ada dan merupakan stok reguler di kabupaten, jarak antara dosis pertama dan kedua itu 28 hari,” tuturnya.

Ahmad Rois menambahkan bahwa Kotawaringin Barat merupakan yang pertama di Kalteng yang boleh melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. “Ini karena capaian vaksinasi Kobar untuk seluruh sasaran mendekati 85 persen dan lansia sudah 71 persen,” jelasnya.

Baca Juga :  Satpol PP Kobar Angkut Lapak PKL Bandel

Rois berharap, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini bisa mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung, sehingga anak – anak aman dan terlindungi dari bahaya virus Covid-19. “Kami mengajak kepada orang tua bisa mendukung vaksinasi untuk anak. Sehingga para orangtua agar mengantar anak-anaknya segera mendapatkan vaksin, divaksin di sekolah bisa, diajak ke puskesmas juga bisa atau gerai vaksin yang ada di Kobar,” pungkasnya.

Sementara itu data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah pelajar SD sederajat baik negeri maupun swasta mencapai 30.651 anak yang berasal dari sekitar 196 sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat Ibramsyah mengatakan bahwa untuk tahap awal ini pihaknya fokus untuk vaksinasi para pelajar SD sederajat terlebih dahulu dan selanjutnya menyusul untuk anak TK yang telah memasuki usia 6 tahun.



Pos terkait