Imbas Skandal Mafia Jurnal, Akreditasi ULM Terjun Bebas

Mahasiswa Khawatir Ijazah Tak Laku untuk Melamar CPNS

Akreditasi ULM
SAVE ULM:Mahasiswa memasang spanduk turut berduka cita atas turunnya akreditas ULM dari A ke C di dekat gerbang Kampus ULM Banjarbaru.(Sheilla Farazela/Radar Banjarmasin)

Radarsampit.com – Sejumlah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengkhawatirkan masa depan mereka buntut anjloknya akreditasi kampus dari A ke C.

Kekhawatiran mereka mulai dari tidak bisa melaksanakan wisuda dalam waktu dekat, hingga alumni kampus dengan akreditasi C tidak bisa menggunakan ijazahnya untuk melamar ke instansi Pemerintahan.

Bacaan Lainnya

“Cemas karena setelah lulus takut susah dapat kerja, karena akreditasi kampus C,” kata Haura, mahasiswi FKIP ULM, Kamis (26/9/2024) sore.

“Orang tua juga kecewa. Katanya, buat apa masuk ULM kalau akreditasinya turun,” ujarnya.

Kekhawatiran turut dirasakan oleh mahasiswa lain yang datang dari luar daerah. “Kami sedih. Takut berdampak ke masa depan,” kata Stella, mahasiswi FKIP ULM.

Bahkan, kekecewaan ini membuat sejumlah mahasiswa berpikir untuk pindah ke perguruan tinggi lain yang dianggap lebih bagus untuk masa depannya.

Baca Juga :  Perkuat Koneksi Kalteng dengan IKN, Wings Air Buka Jalur Pangkalan Bun - Balikpapan, Cek Jadwalnya di Sini

“Rata-rata teman saya berpikir seperti itu (pindah kuliah, red). Mereka berpikir kalau lulus dari kampus yang akreditasinya C, tentu akan sulit cari kerja,” ungkap PA mahasiswi angkatan 2024.

Menanggapi itu, ULM meminta mahasiswa untuk tidak khawatir perihal anjloknya akreditasi kampus. “Mahasiswa tidak perlu khawatir dengan masa depan mereka,” kata Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP), Prof Agung Nugroho, Kamis (26/9/2024) sore.

Agung menyampaikan tidak akan ada penundaan wisuda seperti isu yang beredar. Kemudian terkait dengan akreditasi kampus yang turun jadi C, Agung bilang mahasiswa tidak perlu takut tidak bisa melamar kerja ke instansi pemerintahan.

Ia menyebut mahasiswa yang lulus bakal mendapatkan dua SK akreditasi. Ada akreditasi universitas, dan akreditasi program studi (Prodi).

“Andai kata akreditasi universitasnya baik (C) tidak masalah. Bisa dilampirkan akreditasi Prodi yang unggul (A) untuk melamar kerja, terutama saat mendaftar ke instansi pemerintahan,” jelasnya.

“Karena umumnya, SK yang utama dicari bukan SK akreditasi universitas, tetapi SK akreditasi Prodi, sebab berkaitan dengan kompetensi mahasiswa yang bersangkutan,” paparnya.



Pos terkait