Imigrasi Pastikan Layanan Makkah Route Berlangsung Lancar

Tahun Ini Telah Diimplementasikan di Tiga Bandara

imigrasi
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) berlangsung lancar

Gelombang pertama diberangkatkan dari Indonesia menuju Madinah pada periode 12 -23 Mei 2024. Sedangkan, gelombang kedua diberangkatkan dari Indonesia menuju Jeddah pada periode 24 Mei-10 Juni 2024.

“Untuk tahun ini fasilitas clearance (imigrasi) pra kedatangan baru ada di keberangkatan. Kami sudah bicarakan (dengan otoritas imigrasi Arab Saudi) agar Makkah Route bisa resiprokal. Jadi nantinya petugas imigrasi Indonesia juga akan standby di Madinah atau Jeddah untuk clearance pra kepulangan,” jelas Silmy.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Silmy menjelaskan bahwa usulan perluasan implementasi Makkah Route pada embarkasi lainnya juga telah disampaikan pada otoritas imigrasi Arab Saudi dalam lawatannya ke KSA Februari 2024 lalu.

“Kami masih upayakan agar skema tersebut bisa berlaku di lebih banyak bandara keberangkatan. Karena, Indonesia salah satu negara dengan JCH yang terbanyak. Hal ini menjadi perhatian kami, bagaimana caranya agar para tamu Allah ini bisa kita mudahkan prosesnya saat berangkat dan pulang ke Tanah Air,” pungkas Silmy. (hgn)



Baca Juga :  Imigrasi Sampit Terbitkan 4.718 Paspor di Tahun 2023

Pos terkait