Indonesia Siap Hadapi Malaysia di Semifinal Asean Cup U-19 Boys Championship

Indonesia U-19 vs Malaysia U-19

timnas U-19
Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia mengikuti latihan jelang pertandingan semifinal ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Lapangan THOR, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/7/2024). Timnas Indonesia akan bertemu Malaysia dalam semifinal ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (27/7). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/tom.

SURABAYA, radarsampit.com – Ibarat juru masak, makanan (baca: Indonesia U-19) yang diracik Indra Sjafri sudah setengah matang. Dibutuhkan dua langkah lagi agar matang sempurna (juara).

Dua langkah tersebut adalah semifinal melawan Malaysia U-19 nanti malam. Dan, jika menang, di partai puncak nanti.

Bacaan Lainnya

Jika itu tercapai, Indra berarti akan mengulangi sejarah seperti pada ajang yang sama edisi 2013. Ketika itu pelatih asal Sumatera Barat tersebut mengantarkan Evan Dimas Darmono dkk meraih gelar pertama –dan masih satu-satunya– Indonesia di ajang yang berlangsung sejak 2002 itu.

Malaysia adalah bumbu yang dibutuhkan untuk membuat racikan Indra sedap. Sejarah rivalitas dua jiran penyebabnya. Apalagi, di edisi 2018 dan 2019 Malaysia pula yang menjegal Indonesia di semifinal ajang ini.

”Saya setuju, untuk turnamen usia muda, menang memang bukan segalanya,” ujar Indra di Surabaya, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga :  Kalteng Putra Siap Menjamu Persipura

Tapi, lanjut Indra, jika sudah memakai lambang garuda di dada dan bertanding di turnamen antarnegara, hal tersebut jauh berbeda. ”Gengsi antarnegara tetap harus diperjuangkan,” tegasnya.

Pelatih berusia 61 tahun itu mengungkapkan, skuadnya saat ini jauh lebih berkembang. Sejak Januari lalu berkumpul, dia melihat banyak perubahan yang terjadi.

Baik itu secara individu maupun secara tim. Tiga kali main di fase grup, terus menang dengan hanya dua kali kebobolan dan membukukan 13 gol.

Indra juga mengaku sudah menemukan komposisi terbaik. Karena itu, dia percaya diri bisa mengulang kesuksesannya di Piala AFF U-19 2013 lalu. ”Ini semifinal kedua saya di Jatim. Mudah-mudahan Allah izinkan melaju ke babak selanjutnya,” harapnya.

Sementara itu, pelatih Malaysia U-19 Juan Torres Garrido memprediksi laga nanti malam bakal berlangsung ketat. ”Kami sangat tidak sabar untuk bertanding. Anak-anak siap memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Indra sendiri berharap banyak Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, bisa dipenuhi suporter Garuda Nusantara, julukan Indonesia U-19. Agar makanan yang dia racik matang sempurna.



Pos terkait