Indra Gunawan: ASN Barito Timur Wajib Jaga Netralitas pada Pilkada Serentak 2024

indra gunawan
Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan

TAMIANG LAYANG, radarsampit.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Barito Timur, diwajibkan untuk menjaga netralitas.

Hal tersebut di tegaskan oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, dalam pentingnya ASN mematuhi kode etik selama proses Pilkada berlangsung.

Bacaan Lainnya

“Sikap netral bagi abdi negara dalam pelaksanaan Pilkada sangat penting. ASN harus menjaga netralitas dengan tidak menunjukkan keberpihakan, baik melalui ucapan di media sosial maupun gestur tubuh yang bisa diartikan sebagai simbol dukungan kepada calon tertentu,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Selasa (08/10/2024).

Indra juga mengajak semua pihak dan pemangku kepentingan untuk turut serta dalam menyukseskan tahapan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024. Ia menekankan pentingnya menjaga kerukunan dan ketentraman di masyarakat, terutama di masa kampanye.

Baca Juga :  Evaluasi Capaian Prestasi Kotawaringin Timur pada FBIM Kalteng

“Saya meminta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk menjadi contoh yang baik dalam menjaga kondusivitas selama Pilkada. Sikap saling menghormati antarwarga dan menjaga suasana guyub-rukun sangat diperlukan agar tidak terjadi ketegangan atau konflik,” lanjut Indra.

Selain itu, Indra juga mengingatkan pentingnya memerangi berita bohong atau hoaks terkait Pilkada yang berpotensi memicu ketidakstabilan.

“Jangan sampai ada hoaks yang merugikan terkait Pilkada. Netralitas adalah keniscayaan yang harus kita jaga bersama,” tegasnya.

Indra Gunawan menambahkan, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menciptakan suasana politik yang sehat dan kompetitif selama masa kampanye berlangsung.

KPU Barito Timur telah menetapkan tiga pasangan calon untuk Pilkada 2024. Pasangan nomor urut satu adalah M Yamin dan Adi Mula Nakalaleo, nomor urut dua adalah Pancani Gandrung dan Raran, dan nomor urut tiga adalah Ariantho S Muler dan Ahmadi.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan tahapan Pilkada di Kabupaten Barito Timur dapat berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga pemilu serentak kali ini bisa terselenggara dengan aman dan damai. (apr)



Pos terkait