Inilah 5 Rahasia Kesehatan dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

daun kelor
Ilustrasi Daun Kelor (jawa pos)

Daun kelor telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional karena berbagai manfaat kesehatan. Namun tak hanya kesehata, daun kelor ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit hingga kecantikan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Moringa Oleifera ini, kerap dijuluki sebagai ‘pohon ajaib’ karena hampir setiap bagiannya bisa dimanfaatkan.

Bacaan Lainnya

Pada umumnya, yang paling tenar dari tanaman obat ini adalah daunnya, yang kaya akan nutrisi dan senyawa aktif.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi daun kelor bisa memberikan banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan Anda. Lebih lengkapnya, berikut adalah lima manfaat utama daun kelor yang patut Anda ketahui.

  1. Kaya Akan Nutrisi

Daun kelor mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin A, C, dan E serta kalsium, potasium, dan protein merupakan beberapa di antaranya.

Konsumsi daun kelor bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, terutama jika Anda kekurangan vitamin dan mineral dari makanan lain.

  1. Antioksidan yang Kuat
Baca Juga :  Disdik Palangka Raya Tanamkan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel.

Daun kelor mengandung banyak antioksidan, seperti quercetin dan chlorogenic acid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan demikian, konsumsi daun kelor dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

  1. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menonjol dari daun kelor adalah kemampuannya untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas insulin.

Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes.

  1. Menurunkan Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi, namun peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Daun kelor mengandung senyawa antiinflamasi yang kuat, seperti isothiocyanates, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.



Pos terkait