Inilah Daftar Paslon Pilkada Serentak di Kalimantan Tengah, Cek Jagoan Kalian di Sini

ilustrasi pilkada serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

SAMPIT, radarsampit.com – Tidak ada gejolak berarti dalam pengumuman pasangan calon kepala daerah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kalimantan Tengah. Semua bakal calon yang mendaftar dinyatakan lolos dan resmi ditetapkan sebagai pasangan calon.

Dalam Pilkada Kalteng, KPU Kalteng menetapkan empat pasangan calon yang sebelumnya mendaftar, yakni Abdul Razak-Sri Suwanto, Agustiar Sabran-Edy Pratowo, Willy M Yoseph-Habib Said Ismail, dan Nadalsyah-Supian Hadi.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten Kotawaringin Timur, penetapan pasangan calon dilakukan setelah KPU Kotim menyelesaikan rapat pleno internal pada Minggu (22/9).

“KPU Kotim telah menyelesaikan rapat pleno internal untuk menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim 2024. Kami tetapkan tiga paslon,” ujar Ketua KPU Kotim, Muhammad Rifqi.

Rifqi menjelaskan bahwa sejumlah indikator digunakan dalam proses penetapan, mulai dari kelengkapan persyaratan administratif setiap bakal calon, baik administrasi awal maupun administrasi perbankan.

Baca Juga :  Dikepung Banjir, Aktivitas Warga Desa Hanjalipan Lumpuh

“Setelah menelaah semua persyaratan yang telah dipenuhi, kami menetapkan tiga pasangan calon dalam Surat Keputusan KPU Kotim,” jelas Rifqi.

Paslon yang ditetapkan adalah Muhammad Rudini-Paisal Darmasing yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). PAN dapat mengusung pasangan calon sendiri setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan terkait ambang batas pencalonan. PAN mengantongi 25.943 suara sah pada pileg sebelumnya, sehingga memenuhi syarat untuk mengusung calon.

Selanjutnya, pasangan Sanidin-Siyono diusung oleh koalisi Gerindra, Golkar, PKS, dan Hanura dengan total 76.768 suara sah dari partai-partai pengusung dalam pemilu legislatif sebelumnya. Pasangan ini juga didukung oleh partai non-kursi DPRD seperti Gelora, Garuda, dan Partai Umat.

Terakhir, pasangan petahana Halikinnor-Irawati yang diusung oleh PDIP, PKB, Demokrat, Nasdem, dan Perindo, dengan total 117.418 suara sah.

Rifqi menambahkan bahwa ketiga pasangan calon berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu pengundian nomor urut peserta Pilkada Kotim 2024, yang akan dilaksanakan hari ini. “Ketiga pasangan akan mengikuti pengundian nomor urut,” ujarnya.



Pos terkait