Jalan-Jalan sambil Belajar, Ajak Peserta Didik Lebih Dekat dengan Media Cetak

Ketika Pelajar SDS Eka Tjipta Sulin Kabupaten Seruyan Kunjungan ke Radar Sampit

eka tjipta
STUDY TOUR: Kunjungan para pelajar SDS Eka Tjipta Sulin Kabupaten Seruyan ke kantor Radar Sampit, Sabtu (20/1/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

”Waktu kami tanya kepada orang tua murid, mau ke mana saja, secara spontanitas mereka menyebut Radar Sampit,” tuturnya.

Rasa penasaran para peserta didik terhadap media cetak cukup tinggi. Mereka ingin mengetahui bagaimana proses berita hingga dimuat di koran. Secara teori, di sekolah menurut Wahyu, pada pelajaran Bahasa Indonesia mereka secara garis besar sudah mempelajari membuat isu-isu yang ada di lingkungan sekitar, kemudian merangkumnya.

Bacaan Lainnya

Kunjung tersebut, kata Wahyu, bukan hanya sekadar kunjungan saja, tapi di akhir nanti para pelajar akan diberikan penugasan untuk menuangkan dalam sebuah narasi, hal apa saja yang telah mereka dapat selama melakukan study tour.

”Karena tujuan kami bukan hanya jalan-jalan saja, tapi juga belajar. Kami juga berterima kasih kepada Radar Sampit, karena diberikan kesempatan berkunjung dan belajar di sini,” katanya.

Andiansyah Ramadhan, salah satu pelajar yang mengikuti kunjungan mengaku penasaran dengan proses pembuatan koran. Dia begitu antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan Manager Pemasaran Radar Sampit Tono Triyanto.

Baca Juga :  Begini Upaya RSUD dr Murjani Sampit Tingkatkan Pelayanan Pasien Cuci Darah

”Cukup penasaran bagaimana alur pembuatan koran. Dari mana mendapatkan beritanya,” ujarnya.

Rasa penasaran terhadap proses tercetaknya berita dalam sebuah koran juga disampaikan Zaenuri Ahmad Al Hafid. Selama ini dia hanya mengetahui berita dari media online yang diaksesnya melalui ponsel.

”Kalau baca berita paling hanya lewat ponsel saja. Sekarang bisa ada di Kantor Radar Sampit, senang sekali. Jadi bisa melihat langsung mesin cetaknya, melihat bahan baku kertas korannya,” ucapnya.

Sementara itu, Tono Triyanto mengatakan, SDS Eka Tjipta Sulin Kabupaten Seruyan aktif melakukan kunjungi ke Kantor Radar Sampit. Bahkan hampir setiap tahun.

”Ini kunjungan SDS Eka Tjipta Sulin yang ke sekian. Terima kasih atas kunjungan ke Radar Sampit. Semoga kunjungan ini bisa bermanfaat, terutama bagi para peserta didik,” ujarnya.

Kepada para peserta didik, Tono secara singkat menerangkan proses pembuatan koran. Mulai dari pencarian berita oleh wartawan dan pendistribusian koran sampai ke tangan pembacaannya.



Pos terkait