Jay Idzes Jadi Harapan Indonesia Hadapi Arab Saudi

jay idzes
Jay Idzes menjalani debut bersama Venezia. Fakta itu membuatnya tercatat sebagai pemain Indonesia pertama tampil di Serie A. (Instagram Jay Idzes)

Radarsampit.com – Timnas Indonesia mendapatkan angin segar jelang penampilannya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Salah satu pemain pilar skuad Garuda, Jay Idzes, mencetak rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A.

Penampilan itu dibukukan Idzes setelah menjadi starter bersama Venezia FC saat dijamu tuan rumah Fiorentina di Stadio Artemio Franchi, Minggu (25/8/2024) waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Meski pertandingan itu berakhir imbang tanpa gol, tapi Idzes menyuguhkan permainan solid sebagai bek tengah Venezia selama 68 menit sebelum digantikan Michael Svoboda.

Idzes memiliki statistik mengagumkan di pertandingan tersebut. Bahkan, berdasarkan Sofascore, pemain berusia 24 tahun itu menjadi benteng yang kukuh di jantung pertahanan Venezia.

Dia melakukan tiga kali clearance alias sapu bersih, satu kali merebut bola, dan satu kali sukses melakukan tekel bersih. Statistik impresif itu membuat gawang Venezia berhasil melakukan clean sheet hingga akhir pertandingan.

Baca Juga :  Target Emas, Dance Sport Kalteng Genjot Latihan Chemistry

Selain itu, Idzes juga memiliki catatan impresif lainnya, di mana dirinya sukses mencatat 92 persen dari 52 operan. Dia juga menang satu kali duel udara dan satu kali sukses melakukan sapuan dari empat percobaan.

Bahkan, andalan skuad Garuda di jantung pertahanan ini nyaris mencetak gol di babak pertama. Sayang, sepakannya dari luar kotak penalti sedikit melambung di atas mistar gawang Fiorentina.

Fakta itu setidaknya menjadi obat di tengah krisis lini belakang Timnas Indonesia jelang menghadapi Arab Saudi di pertandingan pembuka Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan itu dijadwalkan akan dilangsungkan di Jeddah pada Kamis, 5 September 2024.

Maklum, sejumlah pemain belakang Indonesia mengalami masalah, seperti Justin Hubner yang menjalani hukuman akumulasi kartu, serta Jordi Amat mengalami cedera. Bahkan, Pelatih Shin Tae-yong tak memanggil Elkan Baggott.

Kehadiran Idzes sepertinya dapat menjadi batu karang dalam membendung agresivitas para pemain The Green Falcons, julukan Arab Saudi, dalam pertandingan nanti.



Pos terkait