Jelang Upacara 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara, Kaltim

Mobilisasi Peralatan Dimulai, TNI-AU Siapkan Atraksi Udara Pesawat Tempur

IKN
JALUR ALTERNATIF: Meski belum rampung, jalan tol akses IKN di Km 13, Kariangau, Balikpapan, akan dioperasikan pada 17 Agustus nanti untuk memudahkan mobilitas undangan menuju lokasi upacara.ANGGI PRADITHA/KALTIM POST

Persiapan pelaksanaan upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, terus dimatangkan. Kegiatan itu akan jadi momentum bersejarah.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Hudiarto Krisno Utomo siap memberangkatkan pasukan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bacaan Lainnya

Rencananya, hari ini (4/8) satu kapal landing platform dock (LPD) milik TNI-AL bertolak menuju IKN. Kapal tersebut mengirim peralatan dan persiapan menjelang upacara peringatan Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia.

Keterangan tersebut dia sampaikan kepada awak media di Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/8/2024).

”Membawa beberapa peralatan persiapan upacara 17 Agustus, kemudian tim untuk berlatih upacara sebagai persiapan pengamanan tamu VVIP, dan lain-lain,” terang dia.

TNI-AL sengaja memilih kapal jenis LPD agar bisa dijadikan sebagai tempat istirahat pasukan. Sebab, kapal itu berukuran besar. ”Selama di Kalimantan Timur, nanti setelah berlatih, mereka (pasukan, Red) kembali ke kapal,” kata Krisno.

Baca Juga :  Indonesia Jadi Percontohan Sistem Umrah Online Saudi

Dia menerangkan, kapal itu dilengkapi fasilitas yang memadai untuk tempat istirahat banyak prajurit. ”Memiliki ruangan-ruangan yang memang disiapkan untuk pasukan,” imbuhnya.

Selain LPD, TNI-AL siap mengirim kapal-kapal lain. ”Kami siap apabila nanti ada mobilisasi, apabila ada pergerakan yang dibutuhkan negara, demi kebutuhan IKN atau kebutuhan operasi militer selain perang lainnya,” terang dia.

Persiapan upacara juga dilakukan angkatan udara. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono menyampaikan, TNI-AU sudah menyiapkan pesawat angkut dan transportasi untuk memboyong pasukan ke IKN. Pesawat yang dia maksud adalah Boeing 737 dan C-130 Hercules. ”Semua pesawat kami siapkan. Apabila ada perintah, kami siap mendukung,” tegasnya.

Untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan tersebut, mereka juga akan menampilkan atraksi udara. Tonny menyebut instansinya sudah menyiapkan demo udara sebagaimana permintaan pemerintah.

Mereka akan menampilkan fly pass pesawat tempur F-16 dan atraksi lain. Aksi akrobat udara itu akan disuguhkan untuk seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir di IKN.



Pos terkait