Jokowi Ngantor di IKN hingga Jabatan Berakhir

ikn
Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih dalam proses pembangunan. (HUMAS IKN)

Yang juga penting, dengan berkantor di IKN, Jokowi tetap bisa memimpin pemerintahan secara efektif. Menjelang akhir masa jabatan sebagai presiden, Jokowi bisa memberikan dukungan dan arahan ke tim untuk menyelesaikan proyek IKN.

”OIKN, PUPR, Kemenpan RB, kementerian dan semua lembaga bisa mendapatkan arahan terkait IKN,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, lanjutnya, langkah Jokowi seakan menegaskan bahwa tidak ada keraguan dalam transisi kepemimpinan. Dia mengatakan, masyarakat perlu mengetahui bahwa IKN bukan sekadar membangun proyek fisik.

”Ini visi jangka panjang yang memberikan dukungan moral ke pemimpin selanjutnya. Visi jangka panjang pembangunan Indonesia lebih merata, lebih baik. Sekaligus modal komunikasi serta edukasi bahwa IKN punya manfaat besar dalam  pengembangan wilayah,” terangnya.

Dia menjelaskan, groundbreaking ke delapan akan dilakukan untuk sektor pendidikan, perbankan, dan mix used seperti pertokoan, mal, dan hunian. “Ada apartemen dan perumahan juga,” paparnya kepada Jawa Pos kemarin.

Baca Juga :  Wali Kota Ajak ASN dan PTT Berdoa Agar Pandemi Berlalu

Terkait nilai investasi swasta dari groundbreaking pertama hingga ke tujuh, dia menyebut sudah mencapai Rp 56,83 triliun. “Investasi ini dari swasta nasional, kerjasama internasional, dan BUMN,” terangnya.

Menurut dia, berbagai permasalahan terkait lahan juga terus diselesaikan. Mulai dari proses ganti untung kepada masyarakat sekaligus memastikan keaslian sertifikat tanah. “Kami pastikan masyarakat akan mendapatkan haknya dalam pergantian tanah di IKN,” tegasnya.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menambahkan, sidang kabinet terakhir kemungkinan digelar di IKN pada Jumat (13/9) pagi mendatang. Sidang tersebut akan dipimpin Jokowi dan dihadiri seluruh menteri.

“Sidang kabinet paripurna yang dihadiri seluruh menteri dan kepala lembaga,” kata Pramono kepada wartawan usai acara peluncuran buku dan ulang tahun Ketua MPR Bambang Soesatyo di Senayan Park, kemarin. (lyn/idr/tyo/oni/jpg)



Pos terkait